Pantai Tanjung Bengkalis Diperkenalkan


Selasa,30 Januari 2018 - 20:59:01 WIB
Pantai Tanjung Bengkalis Diperkenalkan foto: Junaidi
Keindahan Pantai Tanjung Senekip, Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis memang belum setenar pantai ada di Rupat, Pantai Tenggayun maupun Pantai Selat Baru. Agar keberadaan pantai yang terletak di ujung Timur Pulau Bengkalis ini menjadi lebih dikenal, dilakukan peresmiannya pada Ahad, 28 Januari 2018.
 
"Di Desa Teluk Pambang ada satu potensi dalam bentuk wisata pantai yang secara fisik cukup-cukup indah dan menarik yang layak untuk dijadikan objek wisata baru sebagai pilihan tujuan wisata Bengkalis setelah pantai Selat Baru, pantai Rupat dan pantai Tenggayun," kata Koordinator Acara Persemian Sumantari, Selasa (23/1/2018) petang kepada RiauBisnis.
 
Pantai yang berada di Dusun Parit Satu, Teluk Pambang ini menurut Sumantari yang juara pantun Asia Tenggara ini sesuatu yang harus dikembangkan. "Lewat rembuk-rembuk antara teman-teman di desa bersama Kepala Desa Pambang Pak Ali akhirnya disepakati bahwa pantai ini perlu diresmikan untuk membenarkan bahwa pantai itu ada, Insya Allah akan diresmikan oleh Gubernur Riau (H. Arsyadjuliandi Rachman). Kami akan mengundang seluruh masyarakat untuk sampai ke pantai ini. Minimal sekarang kita sudah punya alternatif baru sebagai tempat kunjungan berwisata keluarga," tambahnya. 
 
"Untuk mengisi acara pada saat peresmian tersebut, panitia sudah menyiapkan 7 cabang lomba yang akan digelar sehari penuh. Lomba Jung, lomba layang-layang dan lomba memancing yang terbuka untuk umum. Lomba memasak dan lomba mars bagi ibu-ibu PKK hanya untuk desa sekitar. Kemudian lomba melukis mulai anak PAUD, SD, SMP dan SMA sekitar Kecamatan Bantan".
 
"Saya pikir, ketika ini kita kemas maka pengunjung itu Insya Allah akan datang beramai-ramai. Setelah itulah Pantai Senekip Pambang akan menjadi tempat kunjungan wisata baru di kabupaten Bengkalis kalau perlu Provinsi Riau,' harap Sumantari yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMPN 2 Bantan.
 
Keindahan pantai Senekip ini terang Sumantari kalau kita pernah ke pantai Selat Baru persis seperti itu. "Pantainya berpasir cuma nilai pantai ini lebih luas dari pantai Selat Baru. Saat air surut lebih jauh ke laut yang diperkirakan sekitar satu kilometer, lebih lebar dari Pantai Baru. Panjangnya pula kurang lebih empat sampai lima kilometer yang mencakup beberapa desa diantaranya Desa Teluk Lancar, Kembung Luar, Parit Tiga sampai ke Desa Pambang Pesisir".
 
Menurut Sumantari, yang lebih spesial lagi pantai ini lebih asli, pohon-pohonnya masih ada di pinggir pantai tempat beristirahat menikmati angin pantai. Duduk di pondok-pondok atau gazebo sederhana yang dibangun swadaya masyarakat tadi.
 
"Cuma perlu pembenahan di sana sini makanya panitia membuat acara ini supaya memberikan perhatian yang khusus. Selain gazebo swadaya masyarakat juga ada panggung sederhana. Dan hampir beberapa bulan terakhir masyarakat memang digesa oleh kepala desa untuk terus menambah tempat-tempat yang kita maksudkan tadi menjadi semakin banyak. Tapi juga harus ada gesaan yang lebih bagus dari pemerintah yang ditunggu oleh masyarakat saat ini," pungkasnya.
 
Untuk mencapai Pantai Senekip Desa Pambang yang berjarak sekitar 50an km dari kota Bengkalis, pengunjung akan melewati jalan bagus dan mulus hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor maupun mobil.
 
Bagi masyarakat yang ingin mengikuti beberapa perlombaan pada acara peresmian nantinya dapat menghubungi Sumantari di nomor 08127653437. "Pantai ini indah, jadi mari kunjungi beramai-ramai, bawa anak-anak dan keluarga untuk menikmati keindahan pantai Senekip Desa Teluk Pambang," himbau Sumantari.(Jun)
 

Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]