Konten Negatif, YouTube Hapus 8 Juta Video


Rabu,25 April 2018 - 08:42:05 WIB
Konten Negatif, YouTube Hapus 8 Juta Video (foto: int)

Tidak semua video yang diupload ke YouTube berisikan konten yang positif. Adapula di antaranya yang berisikan konten negatif dan mengganggu.

Karenanya, Google sebagai pemilik YouTube mengumumkan bahwa pihaknya akan rutin merilis laporan setiap kuartal dan melaporkan bagaimana mereka membersihkan video inventarisnya. Sebagai permulaan, YouTube beberapa waktu lalu telah merilis laporan per tiga bulan terakhir di tahun 2017.

Dari hasil auditnya itu, sekitar delapan juta video telah dihapus. Kebanyakan video-video ini adalah spam atau yang memuat konten dewasa, demikian dikutip detik.com dari Phone Arena, Rabu (25/4/2018).

Dalam menjalankan aksi bersih-bersihnya ini YouTube mengandalkan mesin pembelajaran. Berita dilansir detik.com ini, teknologi ini membantu YouTube untuk menghapus video berisiko tinggi secara cepat.

Untuk memperlihatkan sebagaimana canggihnya mesin pembelajaran ini bekerja, sekitar 6,7 juta dari delapan juta video yang dihapus kuartal lalu terlebih dahulu ditandai oleh mesin, bukan oleh manusia. Artinya 76% video dihapus oleh YouTube tanpa video tersebut mendapat view satupun.

Ini pun menunjukan kemajuan yang pesat dari YouTube dalam menangani video dengan konten negatif. Sebelumnya di tahun 2017, hanya 8% dari video yang ditandai dan dihapus karena mengandung konten ekstrim dengan kurang lebih 10 jumlah view. Mesin pembelajaran ini pun diperkenalkan pada bulan Juni. Dan sekarang 50% video dihapus dengan jumlah view kurang dari 10.(*)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]