Sekelumit Ritual Rora Ake Dango di Tidore


Sabtu,12 Mei 2018 - 17:08:35 WIB
Sekelumit Ritual Rora Ake Dango di Tidore (foto: detik)

Di Tidore terdapat ritual Rora Ake Dango. Ritual ini mempertemukan air lima marga  yang diambil dari puncak Gunung Tidore untuk didoakan selama semalam.

Di tahun ini Festival Tidore 2018 mengangkat tema ' Merawat Tradisi, Mempertegas Jati Diri Bangsa Maritim'. Bagi masyarakat Tidore, tradisi dan intisari kebudayaan berisi ajaran moral dan etika harus selalu terjaga. Serta aspek kemaritiman (bahari) adalah bagian dari refleksi akan ketegasan membangun identitas jati diri masyarakat Tidore.

Festival Tidore berlangsung sejak apda 30 maret 2018 sampai dengan acara puncak yakni 12 april 2018 lalu. Pembukaan Festival Tidore 2018 diiringi dengan  prosesi adat Rora Ake Dango (Air Bambu). Ake dango adalah air yang di tempatkan dalam seruas bambu (dibu) yang di semayamkan di rumah para Sowohi untuk di doakan selama satu hari. Prosesi ini merupakan ritual pertemuan Lima Marga untuk mengantarkan air menggunakan Rau yang telah diambil dari puncak gunung Tidore.

Ritual ini berakar dalam kepercayaan dan tradisi adat masyarakat Tidore bahwa air adalah sumber penghidupan yang harus dijaga dan didoakan keberlangsungannya untuk kepentingan masa depan Pulau Tidore dan anak cucu. 

Prosesi tersebut digelar di Sonine Gurua, Kelurahan Gurabunga dan dihadiri oleh seluruh masyarakat Tidore dan para wisatawan yang datang, pada Jumat (30/03/2018). Ritual dijalankan pada malam hari pada pukul 20.00 WIT. Suasana gelap dan hanya diterangi oleh obor-obor api sebagai pencahayaan, ritual berlangsung sangat khidmat.

"Semoga Prosesi adat Rora Ake Dango semakin mempererat rasa kebersamaan dan kerjasama antar sesame. Serta menuju visi Mewujudkan Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine", tutur Capt.Ali Ibrahim, Walikota Tidore Kepulauan seperti dilansir detik.com.(*)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]