Sudah Terbit Aturan Baru, Harga Tiket Pesawat Masih Kemahalan


Selasa,02 April 2019 - 16:07:50 WIB
Sudah Terbit Aturan Baru, Harga Tiket Pesawat Masih Kemahalan sumber photo detik.com

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan aturan terkait tarif tiket pesawat di Indonesia. Peneliti INDEF Nailul Huda berpandangan, meskipun sudah ada aturan di Kemenhub, namun tak ada perbedaan yang signifikan untuk harga tiket pesawat.

"Tidak ada bedanya dari beberapa minggu lalu masih terlalu mahal," kata Nailul saat dihubungi detikFinance, Selasa (2/4/2019).

Dia menjelaskan hal ini karena aturan pemerintah tak efektif. Pasalnya batas bawah yang diberlakukan membuat pihak maskapai bisa seenaknya menentukan tarif, asalkan harganya tak jauh dari batas atas dan ini disebut tidak melanggar aturan.

"Sepertinya tidak ada tanda-tanda tiket pesawat ini menuju murah ya, masih mahal. Murah itu hanya di promo," jelas dia.

Nailul menjelaskan mahalnya harga tiket pesawat ini memang menjadi penyumbang inflasi kategori angkutan udara. Hal ini mencerminkan jika tiket pesawat sudah menjadi konsumsi sekunder bahkan primer untuk masyarakat Indonesia dan sudah menjadi masalah orang banyak.

Pemerintah menuangkan aturan dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 20 tahun 2019 dengan turunan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019. Aturan ini menetapkan tata cara penghitungan tarif dan besar batasan tarif ada di Kepmen 72, dikutip dari laman detik.com. 

Dari aturan Kementerian Perhubungan, batas bawah harga tiket pesawat ditetapkan sebesar 35% dari tarif batas atas. Misalnya jika tarif batas atasnya Rp 1 juta, maka tarif batas bawahnya di kisaran Rp 350 ribu. 

Regulasi ini disebut untuk mempertimbangkan maskapai dalam mengatur harga tiket, yaitu memperhatikan persaingan yang sehat, perlindungan konsumen serta kewajiban publikasi besaran tarif. (wili)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]