Jembatan Batam-Bintan Bakal Jadi yang Terpanjang Se-Indonesia


Jumat,12 April 2019 - 16:40:38 WIB
Jembatan Batam-Bintan Bakal Jadi yang Terpanjang Se-Indonesia sumber photo CNBC Indonesia

Indonesia sebentar lagi akan kembali mencatat rekor jembatan terpanjang.

Pasalnya jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam dan Pulau Bintan akan dibangun paling lambat mulai tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di kantor PUPR, Jumat (12/4/2019).
 

 


"Belum. Tapi akan kita mulai nanti paling lambat 2020," ujar Basuki saat ditanya target pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan yang rencananya akan dibangun dengan kisaran biaya Rp 4-5 triliun tersebut digadang-gadang akan menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Pasalnya saat ini jembatan terpanjang yang sudah berdiri tegak di wilayah NKRI adalah Jembatan Suramadu. Megastruktur tersebut menghubungkan antara Surabaya dengan Madura dengan total jarak 5,43 kilometer.

Berbeda dengan Suramadu yang hanya menyambungkan dua daratan, jembatan Batam-Bintan (Babin) akan melewati empat pulau, yaitu Tanjung Taluk, Pulau Ngenang, Tanjung Sauh, dan Lobam.

Memperkirakan bentuk struktur, tampaknya jembatan Bintan juga akan dibangun tinggi di atas permukaan laut. Pasalnya daerah di sekitar area pembangunan merupakan wilayah pelayaran.

Itulah yang juga terjadi pada Suramadu, yang mana jembatan tersebut ditinggikan hingga 35 meter di atas permukaan laut. Inilah yang membuat pembangunan jembatan menjadi relatif mahal.

Dari sisi pembiayaan, Jembatan Babin tampaknya akan mirip dengan Suramadu.

Mengutip CNN Indonesia, pembangunan Suramadu kala itu menelan biaya investasi sebesar Rp 5,4 triliun. Namun 46% diantaranya didapat dari utang kepada pemerintah China.

Sedangkan sisanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2003-2008. Hal tersebut disampaikan oleh Basuki, Sabtu (27/10/2018).

Dengan adanya jembatan Babin, transportasi menuju/dari Pulau Bintan yang semakin lancar diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pariwisata, dikutip dari laman detik.com.

Pasalnya Pulau Bintan merupakan tujuan wisata yang cukup ternama di kawasan Kepulauan Riau dan sekitarnya. Apalagi bila lalu lintas di jembatan tersebut tidak dipungut biaya. Dengan ini, potensi ekonomi di Batam bisa semakin dimaksimalkan. Karena kemungkinan besar wisatawan asal Singapura dan Malaysia akan melewati Batam terlebih dahulu sebelum mengarah ke Bintan. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]