Taiwan Diguncang Gempa M 6,1, Sekolah Dievakuasi dan MRT Disetop


Kamis,18 April 2019 - 15:16:51 WIB
Taiwan Diguncang Gempa M 6,1, Sekolah Dievakuasi dan MRT Disetop sumber photo detik.com

Kota pantai Hualien di Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang memicu kepanikan warga setempat. Anak-anak sekolah dievakuasi, lalu lintas terganggu hingga layanan kereta bawah tanah di Taipei dihentikan sementara akibat guncangan gempa yang terasa kuat ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (18/4/2019), guncangan akibat gempa bumi ini dilaporkan terasa di seluruh wilayah Taiwan, termasuk Taipei. Layanan kereta metro (MRT) Taipei dihentikan sementara untuk pemeriksaan keamanan. Bahkan satu ruas jalan tol yang menghubungkan wilayah Yilan dan Hualien ditutup sementara karena ada bebatuan yang longsor.

Di Taipei, gedung-gedung bertingkat terasa berguncang hebat. Sekitar 100 orang dievakuasi dari sebuah gedung di Taipei City. Tayangan televisi setempat menunjukan momen saat anak-anak sekolah dievakuasi keluar dari gedung tempat mereka belajar. Warga setempat melaporkan getaran gempa terasa cukup lama.

"Getaran bisa dirasakan selama 33 detik, yang dianggap cukup lama... Getaran itu bisa dirasakan di seluruh wilayah Taiwan dan merupakan gempa pertama di atas magnitudo 6 pada tahun ini," sebut Direktur Biro Pusat Seismologi, Chen Kuo-chang.

Gempa bumi ini tercatat terjadi pada Kamis (18/4) siang, sekitar pukul 13.01 waktu setempat. Pusat gempa ini dilaporkan berada di kedalaman 19 kilometer, dengan titik gempa ada di sebelah timur distrik Hualien. Biro prakiraan cuaca Taiwan mencatat gempa ini berkekuatan magnitudo 6,1. 

Belum ada laporan soal kerusakan parah akibat gempa ini. Namun para pengguna media sosial setempat memposting foto-foto pecahan kaca di restoran setempat dan bagian eksterior gedung pusat perbelanjaan yang berjatuhan akibat gempa. "Saya tinggal di lantai 21, gedungnya bergoyang hingga saya nyaris ketakutan setengah mati," sebut salah satu pengguna media sosial setempat.

Seorang pejabat pada dinas pemadam kebakaran di Hualien menuturkan kepada AFP bahwa dua orang mengalami luka-luka akibat tertimpa bebatuan yang berjatuhan saat gempa mengguncang. Salah satu yang luka-luka disebut sebagai seorang turis asal Malaysia. Ditambahkan pejabat yang enggan disebut namanya tersebut bahwa petugas medis akan dikerahkan ke lokasi menggunakan sebuah helikopter.

Media lokal, Central News Agency, melaporkan terputusnya aliran listrik dalam skala kecil dilaporkan terjadi di beberapa distrik di Taipei akibat gempa. Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen menyatakan bahwa layanan kereta cepat di Taiwan bagian utara, khususnya antara Taipei dengan kota Taoyuan, telah ditangguhkan sementara. 

Dalam pernyataan via Facebook, Tsai menyatakan dirinya telah memerintahkan jajaran pejabatnya 'untuk mengumpulkan informasi dari semua lokasi untuk memeriksa apakah ada kerusakan, dan jika ada, agar segera merespons', dikutip dari laman detik.com. 

Diketahui bahwa Taiwan terletak di pertemuan dua lempeng tektonik Bumi dan sangat rawan dilanda gempa bumi. Gempa bumi terparah di taiwan terjadi pada September 1999 dengan kekuatan magnitudo 7,6 yang menewaskan 2.400 orang. Tahun lalu, wilayah Hualien diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang menewaskan 17 orang. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]