Kementerian PUPR Setuju, Trase Tol Padang Pariaman–Pekanbaru Diganti


Jumat,24 Mei 2019 - 16:18:27 WIB
Kementerian PUPR Setuju, Trase Tol Padang Pariaman–Pekanbaru Diganti harianhaluan.com

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya menyetujui rekomendasi Tim Kajian Keberatan Pemprov Sumbar untuk mengganti trase jalan tol Padang Pariaman–Pekanbaru yang melewati yang melewati Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Nagari Sungai Abang, Kecamatan Lubuak Alung.

"Kami baru saja menerima surat persetujuan dari Kementerian PUPR untuk mengubah trase jalan tol, sesuai dengan permintaan masyarakat Sicincin dan Lubuk Alung. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Padang Pariaman beserta jajarannya, Camat, dan Walinagari terkait agar busa segera melakukan pematokan," ujar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat acara Safari Ramadan di Masjid Jami Muhammadiyah, Nagari Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (22/5) malam.

Ia mengaku keputusan untuk mengubah trase ini merupakan keputusan yang tepat, mengingat kerugian yang ditimbulkan bila trase yang lama tetap dipaksakan jauh lebih besar ketimbang keuntungan yang didapat.

"Ada sebanyak 246 rumah yang terkena proyek tol, dan itu kalau tetap diteruskan jatuhnya bukan malah menyejahterakan, tapi justru menyengsarakan masyarakat. Bagaimanapun, membongkar 246 unit rumah jelas bukan pekerjaan yang mudah. Pasti akan akan banyak masalah yang bakal ditimbulkan," ucapnya.

Selain mengganti trase, Pemprov Sunbar juga mengganti tim appraisal yang selama ini dinilai tidak kompeten. Dengan ditunjuknya tim appraisal yang baru, Nasrul berharap harga ganti rugi lahan yang nanti ditetapkan sesuai dengan harga pasar, sehingga tidak kembali menimbulkan permasalahan yang sama dengan sebelumnya.

"Oleh sebab itu, saya minta kepada Camat dan Walinagari untuk segera menyiapkan dokumen-dokumen transaksi tanah yang pernah terjadi di daerah setempat. Dokumen-dokumen ini nantinya dapat menjafi acuan bagi tim appraisal dalam menetapkan harga," tuturnya, dikutip dari laman harian haluan.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]