Underpass Khusus Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Dilintasi 100 Gajah


Senin,27 Mei 2019 - 14:26:00 WIB
Underpass Khusus Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Dilintasi 100 Gajah sumber photo detik.com

Jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km akan ada underpass untuk gajah liar. Diperkirakan dari lima pintu perlintasan ini, ada 100 ekor gajah yang akan melintas.

"Kalau kita perkirakan, ada 100 ekor gajah liar akan melintasi jalan tol Pekanbaru-Dumai. Makanya kita sepakat dengan pihak terkait harus dibuat jalan untuk gajah di sepanjang jalan tol," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono dalam Rapat Pleno Pembahasan Persilangan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dengan Jalur Satwa Gajah di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin (27/5/2019).

Hadir dapat rapat ini, pihak kontraktor PT Hutama Karya (HK), Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan BBKSD Riau.

Haryono menjelaskan, sejak tahun 2017 lalu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kementerian PUPR dan pelaksana proyek terkait jalan tol di Riau. Jalan tol di Riau, berbeda dengan kondisi jalan tol lainnya. Ini karena kondisinya di Riau akan membelas jalur perlintasan gajah.

"Jalan tol yang Pekanbaru-Dumai akan membelas daerah perlintasan gajah. Makanya, kita berkoordinasi untuk tetap memberikan perlintasan gajah sistem underpass untuk gajah," kata Haryono dalam rapat tersebut.

Haryono menyebutkan, kantong-kantong gajah tersebut paling banyak di kawasan suakamarga satwa Giam Siak Kecil. Di kawasan ini ada sekitar 50-an ekor gajah liar. Ini ditambah lagi kawanan gajah liar di suakamarga satwa Balai Raja ada sekitar 6 ekor. Ini ditambah lagi sejumlah kantong gajah lainnya yang ada di kawasan jalan tol.

"Malah kami mengusulkan daerah perlintasan gajah ini nantinya ada rest area, sehingga bisa juga dijadikan objek wisata alam. Itu sih baru sebatas usulan kita," kata Haryono.

Pihak PT Hutama Karya, selaku kontraktor jalan tol saat ini telah menyediakan 5 titi underpass untuk gajah. Perlintasan gajah ini ada di seksi 4 jalan tol tersebut.

"Kita sudah menyepakati akan ada 5 titik underpass untuk perlintasan gajah di Riau," kata Pimpinan Proyek PT Hutama Karya Seksi 3 dan 4, Dinny Suryakencana dalam acara tersebut.

Dalam pelaksanaan jalan tol ini, pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga mengingatkan agar pelaksanaannya tetap mengacu pada aturan hukum yang ada, dikutip dari laman detik.com.

"Semua pelaksanaan proyek harus harus mentaati hukum yang ada. Sehingga dalam hal jalan tol ini juga harus menyelamatkan satwa liar yang ada. Makanya kita juga membuatkan jalur perlintasannya. Yang pasti jalur perlintasan ini menambah kost investasi karena membuat underpass untuk gajah," kata BPJT, Kornel MT Sihaloho dalam acara tersebut. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]