Kiat Turunkan Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran


Senin,10 Juni 2019 - 15:46:28 WIB
Kiat Turunkan Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran (foto: int)

Tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi rendang, opor ayam, gulai ayam, atau berbagai makanan khas Lebaran lainnya saat merayakan hari raya Idul Fitri. Perlu diketahui juga, semua sajian makanan di hari raya memang kebanyakan berminyak, bersantan, dan tentunya banyak gorengan. Sehingga banyak di antaranya yang mengeluhkan takut kolesterolnya naik setelah mengonsumsi hidangan tersebut.

Agar kondisi kadar kolesterol Anda tetap dalam jumlah normal setelah lebaran, berita dilansir viva.com memuat 3 minuman untuk menurunkan kolesterol setelah Lebaran:

  • Teh Hijau

Selain pada umumnya untuk menurunkan berat badan dan membuat pikiran menjadi lebih rileks, teh hijau juga dikenal sebagai minuman alami penurun kolesterol. Teh ini mengandung flavonoid yang disebut katekin.

Menurut para ahli, zat ini pada dasarnya tidak memengaruhi kerja enzim yang memecah lemak. namun katekin bisa mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol melalui feses.

  • Jahe

Sudah sejak lama memang, jahe telah dikenal bisa membantu mengobati berbagai keluhan berbagai kesehatan mulai dari kondisi biasa saja sampai yang lebih serius. Termasuk salah satunya adalah mengatasi kolesterol.

Hasil studi para ahli di University of Maryland Medical Center, mengonsumsi jahe minimal 4 gram yang dicampur teh, bisa menyeimbangkan efek dari pengonsumsian menu berbahan daging yang mengandung kolesterol.

  • Delima

Menurut ahli, buah ini cukup ampuh dalam membantu menurunkan penyerapan kolesterol dalam darah. Pasalnya, fitosterol yang terkenal di dalam delima dapat menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan pengeluaran garam empedu.

Saat garam empedu berkurang, otomatis kolesterol di hati dan pembuluh darah ikut berkurang. Sebab garam empedu itu bahan dasarnya adalah kolesterol.

  • Apel

Itulah beberapa jenis minuman yang diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi setelah lebaran. Semoga bermanfaat.(Parl)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]