7 Trik Jitu Singkirkan Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan


Rabu,19 Juni 2019 - 09:55:57 WIB
7 Trik Jitu Singkirkan Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan internet

Tersangkut duri ikan bisa dialami oleh siapa saja. Apalagi jika itu ikan dengan duri kecil, namun banyak seperti yang biasa ditemukan pada bandeng.

Selama ini cara ampuh dan bisa dilakukan sendiri untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan menelan pisang atau sekepal nasi panas. Ada juga yang menunggu dengan sabar dan berharap duri akan terlepas atau ke dokter jika terlalu menyakitkan.

1. Marshmallow

Ambil marshmallow berukuran jumbo dan masukkan ke dalam mulut. Kunyah sedikit untuk membuatnya meleleh dan lengket, dan cukup kecil untuk ditelan. Sesegera mungkin telan. Gumpalan lengket dari marshmallow seharusnya bisa mengambil tulang di bagian yang tersangkut dan menariknya ke bawah tenggorokan.

2. Kacang

Ambil beberapa butir kacang, bisa kacang tanah atau almond, walnut. Saat Anda mengunyah, teksturnya yang kasar ini membantu melonggarkan duri. Setelahnya, Anda bisa minum air atau cairan lain untuk mengguyur kacang ke dalam tenggorokan sebelum mencobanya lagi jika tidak berhasil.

3. Roti

Tak ada nasi, coba dengan roti. Coba makan roti tapi jangan dikunyah sampai terlalu kecil. Roti mungkin bisa melepas duri yang menyangkut saat roti ditelan.

4. Air garam

Minum air dengan tambahan sedikit garam. Cairan ini bisa membantu melepaskan duri ikan dan membawanya ke dalam perut.

5. Sari zaitun

Didihkan zaitun dalam air dan minum sarinya saat masih hangat. Duri atau tulang ikan bisa melunak dan meluncur ke bawah tenggorokan. Bisa juga mencoba menyeruput minyak zaitun hangat, ini akan meredakan bekas goresan yang disebabkan tulang ikan.

6. Pisang

Makan pisang berukuran besar dan biarkan dalam mulut selama 1 hingga 2 menit, kemudian telan tanpa dikunyah, ini juga bisa menyingkirkan duri atau tulang ikan. Anda bisa minum air untuk membantu menelan pisang agar lebih mudah.

7. Cuka diencerkan

Metode ini cukup populer di China, di mana cuka dipercaya membantu melunakkan tulang atau duri  ikan, sehingga bisa tersingkir dengan mudah. Namun jumlah asam asetat dalam cuka sedikit saja untuk bisa melunakkan tulang. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]