Insentif Buat Maskapai Agar Harga Tiket Turun Tinggal Diteken Jokowi


Jumat,28 Juni 2019 - 15:35:22 WIB
Insentif Buat Maskapai Agar Harga Tiket Turun Tinggal Diteken Jokowi sumber photo detik.com

Pemerintah menjanjikan akan memberikan insentif ke maskapai penerbangan dalam rangka mendukung penurunan harga tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC). Saat ini payung hukumnya tinggal ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Insentif tersebut nantinya akan diberikan untuk biaya persewaan, perawatan hingga suku cadang pesawat. Bentuk relaksasi fiskal yang akan diberikan kemungkinan berupa potongan pajak. Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan, insentif yang disiapkan sudah ditandatangani oleh para menteri.

"Sudah diparaf oleh para menteri terkait. Saat ini sedang proses di Setneg untuk ditandatangani oleh bapak presiden," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution belum bisa menyebutkan kapan pastinya insentif tersebut diundangkan untuk kemudian berlaku.

"Ya cek saja diundangkannya kapan. Kan setelah diteken (para menteri) masih ada pengundangan," sebutnya.

Darmin mengatakan, pihaknya juga akan menagih pihak maskapai jika hingga Senin 1 Juli 2019 tidak menurunkan harga tiket sesuai kesepakatan dalam rapat koordinasi yang dipimpin olehnya minggu lalu.

"Pokoknya tunggu saja Senin, kalau nggak ya kita tagih," tambahnya.

Susi pada kesempatan lain pernah mengatakan bahwa bisa saja nanti bentuk relaksasi fiskal ini berupa potongan PPn, dikutip dari laman detik.com.

"Bentuknya bisa potongan PPn barang impor atau bagaimana nanti ya, pokoknya substansinya sudah ada, tinggal kita bahas aja sama Kemenkeu, harus hati-hati kebijakan fiskal ini," katanya Kamis (20/6/2019). (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]