3 Langkah Mudah Cegah Diabetes


Selasa,16 Juli 2019 - 09:59:27 WIB
3 Langkah Mudah Cegah Diabetes sumber photo detik.com

Banyak orang yang belum menyadari bahwa diabetes semakin mengancam. Padahal jumlah kasus diabetes di Indonesia semakin lama semakin bertambah. Data dari International Diabetes Federation tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat keenam dalam hal jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia dengan total 10.2 juta orang penderita diabetes di Indonesia1, meningkat hampir 50% dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun terakhir.

Semakin tingginya kasus diabetes ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup yang terjadi. Pola hidup yang semakin tidak sehat berkaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 yang merupakan jenis diabetes yang paling umum ditemukan.

Untungnya, mengubah pola hidup menjadi lebih akan sehat dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Ingin tahu langkah-langkah mudah mencegah diabetes yang dapat dijalankan? Simak langkahnya berikut ini.

Jalan Cepat Minimal 30 Menit per Hari

Pastikan Anda rutin berolahraga minimal 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Diketahui bahwa rutin berolahraga intensitas sedang (seperti berjalan cepat) dapat membantu menurunkan risiko diabetes hingga hampir 30%. Semakin sering Anda berolahraga, semakin besar pula penurunan risiko diabetes2.

Mengapa olahraga penting? Salah satu manfaat olahraga adalah untuk membantu menjaga berat badan dalam kisaran normal. Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang berkaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes tipe 22,3.

Semakin tinggi berat badan maka semakin besar pula peningkatan risiko diabetes yang dialami, bahkan dapat mencapai 5 kali lebih tinggi pada mereka yang mengalami obesitas3. Untungnya, risiko diabetes juga akan berkurang jika kelebihan berat badan berhasil dikurangi dengan target penurunan awal sebesar 5-7% dari berat badan4.

Rutin Periksa Kadar Gula Darah

Hampir 3 dari 4 penderita diabetes di Indonesia tidak mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes1. Hal ini disebabkan karena diabetes dapat timbul tanpa gejala atau hanya memiliki gejala yang ringan sehingga sering kali tidak disadari hingga timbul komplikasi yang berbahaya. Untuk itu, penting melakukan pengukuran kadar gula darah rutin terutama jika Anda memiliki faktor risiko diabetes seperti kelebihan berat badan, faktor riwayat keturunan, memiliki penyakit darah tinggi atau gangguan kolesterol tinggi, serta berusia di atas 45 tahun5.

Batasi Asupan Gula Harian

Membatasi asupan gula harian, dikombinasi dengan konsumsi sumber serat dan membatasi konsumsi lemak, merupakan bagian dari pola makan sehat yang bermanfaat untuk mencegah diabetes. Asupan gula berlebih akan menyumbang kalori berlebih yang dapat menyebabkan kegemukan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan pembatasan konsumsi gula sebanyak maksimal 50 gram per hari atau setara dengan 4 sendok makan6.

Sayangnya, angka batasan ini dapat dengan mudah terlewati karena banyaknya makanan dan minuman di sekeliling kita yang mengandung banyak gula tersembunyi. Sebagai contoh, 1 gelas bubble teamengandung 3 sendok makan gula7 dan 2 buah donat mengandung 2 sendok makan gula8. Mengonsumsi keduanya saja sudah melewati batasan konsumsi gula harian. Belum lagi, ditambah dengan gula-gula tersembunyi pada makanan dan minuman lain yang dikonsumsi sepanjang hari.

Apakah membatasi gula lantas berarti tidak boleh konsumsi makanan dan minuman manis? Tenang, kinitersedia berbagai produk bebas gula dari Tropicana Slim yang rasanya tetap enak, tapi tidak mengandung gula dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Produk bebas gula Tropicana Slim menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia dengan deretan produk yang bervariasi sesuai kebutuhan.

Salah satunya, produk gula rendah kalori Tropicana Slim mulai dari Tropicana Slim Sweetener Stevia yang terbuat dari bahan alami daun stevia, Tropicana Slim Sweetener Honey yang dilengkapi dengan madu, Tropicana Slim Diabtx dengan mineral kromium untuk menjaga kadar gula darah, hingga Tropicana Slim Sweetener Classic yang cocok untuk cegah diabetes dan diet.

Tak hanya produk gula rendah kalori, Tropicana Slim juga memiliki deretan produk bebas gula yang bervariasi seperti madu bebas gula Tropicana Slim, sirup bebas gula Tropicana Slim Sirup, dan lopi bebas gula Tropicana Slim. Dengan rasa yang enak, produk bebas gula dan pemanis rendah kalori Tropicana Slim merupakan solusi praktis untuk Anda yang ingin membatasi asupan gula dan kalori harian tanpa mengorbankan kenikmatan rasa, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]