Salah Kaprah Santan dan Durian yang Sering Dianggap Gudang Kolesterol


Selasa,23 Juli 2019 - 15:42:11 WIB
Salah Kaprah Santan dan Durian yang Sering Dianggap Gudang Kolesterol sumber photo detik.com

Mitos yang beredar di masyarakat menunjukkan bahwa santan dan durian 'katanya' berbahaya, sebab mengandung kolesterol. Padahal sebaliknya, keduanya punya manfaat yang baik untuk tubuh.

Biasanya orang mengganti santan dengan susu pada makanan karena santan dianggap jahat. Kenyataannya, kolesterol ditemukan dalam susu dan tidak ada pada santan, dikutip dari laman detik.com.

"Santan itu luar biasa, di dalam santan dan minyak kelapa terdapat asam laurat sekitar 55 persen. Asam laurat adalah asam lemak sehat yang ada pada ASI. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa asam laurat bisa cegah kepikunan," terang ahli gizi yang juga Presiden Vegan Society of Indonesia Dr. Drs. Susianto, MKM pada Minggu (21/7/2019). 

Sama seperti santan, durian juga sering mendapat stigma sebagai gudangnya kolesterol.

"Santan, minyak kelapa, durian, sudah bagus gizinya tapi suka difitnah. Kenapa durian dan santan tidak mengandung kolesterol? Semua tumbuhan tidak mengandung kolesterol," ujar Susianto.

Mitos yang terbukti tidak benar itu didukung oleh fakta bahwa hanya tubuh manusia dan hewan saja yang mempunyai kemampuan membentuk kolesterol di organ hati. Ikan, yang punya kandungan gizi melimpah, juga mengandung kolesterol, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]