Jangan Langsung Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Kaya Manfaat


Selasa,06 Agustus 2019 - 08:51:30 WIB
Jangan Langsung Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Kaya Manfaat sumber photo detik.com

Banyak kulit buah yang dibuang karena dianggap tidak dapat dimakan. Padahal ada beberapa kulit yang justru mengandung nutrisi sehat, salah satunya kulit jeruk. 

Jeruk termasuk salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kesegaran dari jeruk ini memang memiliki banyak manfaat, seperti bantu turunkan berat badan dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk ternyata juga kaya akan serat, vitamin C, folat, vitamin B6, kalsium dan nutrisi penting lainnya. Kulit jeruk mengandung polifenol yang mampu melindungi dari berbagai penyakit. Bahkan kulit jeruk juga memiliki sifat anti-kanker, karena adanya limonene, bahan kimia yang ada pada kulit jeruk.

Times of India (2/8) melaporkan, dari sekian banyaknya manfaat yang ada pada kulit jeruk, kulit jeruk ternyata tetap aman dikonsumsi. Namun perlu dicuci dengan air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida berbahaya yang ada pada kulit jeruk.

Dalam konsumsi kulit jeruk juga perlu diperhatikan, karena kulit jeruk memiliki tekstur yang keras, sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan dan saat dicerna.

Solusinya, jika Anda ingin konsumsi langsung, Anda perlu mencuci dan memotongnya hingga kecil dan tipis. Untuk menghindari rasa pahit, Anda bisa tambahkan kulit jeruk ini pada salad atau sandwich Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa strip kulit jeruk tipis ke smoothie atau minuman lainnya.

Atau yang paling mudah jika Anda ingin konsumsi kulit jeruk secara aman, Anda bisa konsumsi dalam bentuk selai. Selai jeruk yang biasa dijual memiliki semua manfaat nutrisi dari jeruk hingga kulit jeruknya, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]