Wajib Tahu! Obat-obatan Ini Punya Efek Samping Tersembunyi


Selasa,13 Agustus 2019 - 11:07:28 WIB
Wajib Tahu! Obat-obatan Ini Punya Efek Samping Tersembunyi sumber photo detik.com

Sebagian besar orang memilih mengkonsumsi obat untuk mengatasi gejala yang tidak baik dalam tubuhnya, seperti rasa sakit, infeksi, sebagai alat kontrasepsi, hingga mengatasi penyakin serius. Namun, obat yang biasa membantu masalah kesehatan sebenarnya dapat menguras vitamin dan mineral yang ada di tubuh kita.

Dikutip dari Mirror, berikut obat-obatan yang memiliki efek samping tersembunyi.
 

 

1. Pil KB
Orang tua yang ingin membatasi jumlah anak, biasanya akan memilih untuk melakukan KB. Pil menjadi jenis KB yang banyak dipilih. Namun, memilih jenis pil untuk alat KB juga menimbulkan efek samping lainnya. 

Menurut Michael Wakeman, salah seorang apoteker mengatakan, penggunaan pil KB secara signifikan dapat menguras folat dan vitamin B yang dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf. Jika ingin kadar folat kembali seperti semula, butuh waktu tiga bulan setelah berhenti menggunakan pil. Barulah bisa melakukan program anak kembali.

2. Metformin
Metformin sangat efektif untuk mengdalikan diabetes tipe 2. Biasanya, pasien akan diberikan resep obat ini dalam jangka waktu yang lama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa obat ini dapat menguras kadar vitamin B1, B12, D, asam folat, dan Magnesium tergantung dari dosis dan lama mengkonsumsinya.

3. Antasida
Obat ini digunakan untuk menetralkan kadar asam di dalam lambung. Namun menurut dr Sarah Brewer, seorang ahli gizi mengatakan, obat ini juga dapat mengurangi kelarutan mineral seperti kalisium, zat besi non-hem, seng, dan fosfat. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko anemia dan osteoporosis.

4. Beta-blocker
Biasanya, obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan angina. Namun, efek samping dari obat ini dapat menghambat enzin yang menggunakan co-enzyme Q10 yang memproduksi energi dan menyebabkan kelelahan.

5. Statin
Statin biasa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dengan menghambat enzim hati. Namun, sebenarnya enzim hati ini diperlukan untuk membuat co-enzim Q10 yang penting untul memproduksi energi dalam sel. Menurut dr Brewer, efek lain dari statin yaitu dapat membuat nyeri pada otot dan kelelahan untuk orang yang memakainya.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit
Ada berbagai jenis obat penghilang rasa sakit yang biasa digunakan, yaitu aspirin dan ibuprofen. Ibuprofen dapat mempengaruhi asam folat dan vitamin B6. Sedangkan aspirin, jika digunakan dalam jangka panjang dapat membuat kadar asam folat dan vitamin B12 rendah. Selain itu, aspirin dapat meningkatkan kehilangan kandungan vitaminC dan seng dalam urin, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]