Balai Taman Nasional Tesso Nilo Jelaskan Area Terdampak Karhutla Riau


Rabu,14 Agustus 2019 - 09:50:14 WIB
Balai Taman Nasional Tesso Nilo Jelaskan Area Terdampak Karhutla Riau sumber photo detik.com

Balai Taman Nasional Tessa Nilo (TNTN) Riau menjelaskan area yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurut Balai TNTN titik api hanya ada di zona rehabilitasi.

"Yang terbakar itu pada zona rehabilitasi. Zona tersebut bekas HPH (hak penguasaan hutan) yang merupakan penambahan dari luasan TNTN," kata Kepala Balai TNTN Halasan Tulus, Rabu (14/8/2019).

Dia mengatakan zona tersebut berisi semak belukar. Belum ada pohon yang tumbuh di zona rehabilitasi tersebut.

"Zona rehabilitasi ini lah yang terdapat titik api. Kawasan ini merupakan semak belukar, dan lahan kosong yang sudah tidak ada tegakan hutannya. Tim gabungan hingga kini masih melakukan pendinginan," kata Tulus.

Tulus mengatakan zona inti TNTN tak tersentuh api. Dia menyebut zona inti merupakan kawasan yang masih alami dan banyak ditumbuhi pohon.

"Zona inti TNTN kita nyatakan aman. Zona inti inikan tegakan kayu alamnya masih banyak dan benar-benar kawasan hutan. Zona inti sama sekali tidak ada kasus karhutla," ucap Tulus.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi menyebut timnya masih berada di Desa Kesuma di kawasan TNTN. Tim tersebut sudah tiga hari menginap di kawasan itu untuk melakukan pemadaman karhutla.

"Tim kita bersama gabungan lainnya saat ini melakukan pendinginan pascaterbakar," kata Kaswandi, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]