7 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan sampai Kecantikan


Rabu,14 Agustus 2019 - 13:33:32 WIB
7 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan sampai Kecantikan sumber photo detik.com

Kapulaga, rempah yang memiliki aroma khas ini ternyata punya beragam manfaat. Ini dia manfaat yang didapatkan dari konsumsi kapulaga secara rutin.

Kapulaga merupakan sejenis rempah yang dihasilkan dari biji tanaman keluarga Zingiberaceae. Kapulaga sering dijadikan sebagai bumbu masakan yang memiliki rasa agak kuat seperti sop kambing hingga soto Betawi.

Selain bermanfaat untuk menambah citarasa masakan, kapulaga juga memiliki beberapa manfaat lain yang berguna untuk tingkatkan kesehatan. Apa saja ya?

1. Lancarkan pencernaan

Manfaat kapulaga untuk kesehatan salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam kapulaga ternyata juga cukup besar. Tiap sendok kapulaga mengandung 2 gram serat.

 


Bagi kamu yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut dan mengontrol asam lambung serta nyeri pada perut.

2. Mengurangi stres

Siapa sangka, ternyata kapulaga juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi stres. Kapulaga sering dijadikan sebagai obat herbal yang bersifat antidepresan. Bahkan, menghirup aroma rempah kapulaga dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan.

3. Redakan nyeri

Manfaat kapulaga lainnya adalah mengurangi berbagai jenis nyeri. Memiliki sifat analgesik, ternyata kandungan kapulaga juga ada antioksidannya dan bersifat anti inflamasi sehingga bisa menyembuhkan peradangan.

4. Redakan batuk dan pilek

Madu yang dicampurkan dengan kapulaga bisa mengurangi batuk dan pilek. Kapulaga dapat memberikan efek tenang dan membantu mengencerkan dahak. Selain itu, kapulaga juga memiliki efek hangat di tenggorokan.

5. Mencerahkan kulit

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga kapulaga dapat membantu cerahkan kulit. Kapulaga juga memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik.

Manfaat kapulaga untuk keantikan salah satunya adalah membantu menenangkan kulit.

6. Obati asam lambung

Kapulaga mengandung berbagai vitamin penting seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C. Selain itu kandungan seratnya dapat melancarkan pencernaan dan mengontrol asam lambung.

7. Tingkatkan kesehatan mulut dan tenggorokan

Kapulaga memang bersifat anti inflamasi yang bisa meredakan gejala sariawan dan radang tenggorokan. Kapulaga juga bisa membuat napas lebih segar lho, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]