Bunga BI Sudah Turun Berkali-kali, Bunga Bank Kapan?


Kamis,19 September 2019 - 15:24:33 WIB
Bunga BI Sudah Turun Berkali-kali, Bunga Bank Kapan? detik.com

Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,25%. Bank sentral melakukan penurunan bunga selama 3 bulan berturut-turut.

Dari penurunan tersebut, bunga deposito dan bunga kredit diharapkan bisa terus mengalami penurunan.

"Kami harapkan bank menurunkan bunga deposito dan bunga kredit, agar bisa mendorong pertumbuhan. Meski kami paham ini memerlukan waktu, tapi jangan lama-lama," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI, Kamis (19/9/2019).

Menurut Perry dengan penurunan bunga acuan yang akan berdampak pada bunga deposito dan bunga kredit ini akan mempengaruhi pertumbuhan kredit yang akan mendorong konsumsi, investasi sampai pertumbuhan ekonomi.

"Permintaan kredit akan naik, investasi naik, konsumsi naik dan pertumbuhan ekonomi akan naik lagi, kami harapkan bunga kredit bisa lebih cepat turun agar ekonomi bergerak naik," ujar dia.

Dari data BI rata-rata tertimbang suku bunga deposito juga menurun 10 bps dibandingkan dengan level Juli 2019 sehingga tercatat 6,70% pada Agustus 2019. Suku bunga kredit juga mulai menurun terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja.

Dilansir dari laman detik.com, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 September 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6%.

Kebijakan tersebut konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah di bawah titik tengah sasaran dan imbal hasil investasi aset keuangan domestik yang tetap menarik, serta sebagai langkah pre-emptive untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah kondisi ekonomi global yang melambat. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]