Aksi Demonstrasi, BI Berharap Aliran Modal Kembali Masuk


Rabu,25 September 2019 - 08:59:15 WIB
Aksi Demonstrasi, BI Berharap Aliran Modal Kembali Masuk bisnis.com

Bank Indonesia berharap demonstrasi yang terjadi sepanjang Senin-Selasa (23-24/9/2019) tidak berlarut-larut meskipun bank sentral belum bisa memastikan adanya pelarian modal terkait dengan sejumlah aksi tersebut.

Direktur Eksekutif Departrmen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko membenarkan adanya rush money atau penarikan uang besar-besaran di pasar saham. Dia pun berharap kondisi tersebut tidak berlarut-larut sehingga berimbas pada pelarian modal.

"Kami sedang meneliti dan mudah-mudahan [aliran modal] bisa kembali lagi," ujar Onny kepada Bisnis, Selasa (24/9/2019).

Menurut Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, capital outflow atau aliran modal keluar tidak sepenuhnya karena kondisi demonstrasi di DPR/MPR. 

Dilansir berita dari bisnis.com, meskipun ada indikasi kecemasan pelaku pasar dan investor asing, sambungnya, aksi demonstrasi bukan faktor utama terjadinya capital outflow yang hampir mencapai Rp1 triliun. "Ini sifatnya sementara bukan jangka panjang," tuturnya.

Namun, tutur Josua, dalam hal ini investor perlu ada kepastian hukum, khususnya terkait dengan sejumlah rancangan undang-undang yang dibahas antara pemerintah dan DPR. "Beberapa RUU apakah mengganggu investasi pengaruh investor, maka saya kira ini sementara saja," tuturnya.

Selain itu, Josua menambahkan, ada faktor regional yang mempengaruhi capital outflow seperti pelemahan nilai tukar dan pasar modal. Bisnis mencatat, investor asing membukukan aksi jual bersih atau net sell  sebesar Rp773,35 miliar di pasar modal.

Dalam tahun berjalan, Bank Indonesia mencatat aliran modal masuk atau capital inflow sampai 19 September 2019 tercatat Rp189,9 triliun. Nilai tersebut terdiri dari surat berharga negara sebesar Rp130,9 triliun, saham sebesar Rp56,8 triliun, dan obligasi korporasi sebesar Rp2,3 triliun. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]