Pembangunan Ibu Kota Baru

PT IHM Terdampak pada Tahap Awal


Senin,30 September 2019 - 14:16:09 WIB
PT IHM Terdampak pada Tahap Awal bisnis.com

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas memastikan hanya PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) yang terkena dampak pembangunan ibu kota baru pada tahap awal. 

Dilansir berita laman bisnis.com, adapun lahan PT IHM berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. "Yang dipakai dari ITCI 40.000 hektare [ha], diproses KLHK [Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan]," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro kepada Bisnis, akhir pekan lalu. 

Dia tak memungkiri ada lahan konsesi lain yang terdampak pembangunan ibu kota. Akan tetapi, lahan tersebut masuk ke dalam proses pengembangan.

"Ada [lahan konsesi lain milik] grup Inhutani, tetapi skala kecil dan beberapa HGU tambang di wilayah Kukar [Kutai Kartanegara]" ungkap Bambang.

Soal berapa luasan lahan yang bakal dipakai untuk pengembangan wilayah ibu kota baru itu, Bambang mengaku tidak memegang datanya. "Wilayah tersebut baru akan dikembangkan pada tahapan pengembangan kota," tambahnya.

Bambang menegaskan skema pengambilalihan lahan konsesi milik PT IHM semuanya ditangani KLHK sebagai regulator. Pasalnya, KLHK yang mengeluarkan izin Kerja Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (RKUPHHK) Hutan Tanaman Industri (HTI) kepada konsesi yang dikuasai pengusaha dan pemilik Royal Golden Eagle (RGE) Group Sukanto Tanoto itu.

Sementara itu, Agung Laksamana, Direktur Corporate Affairs grup APRIL yang terafiliasi dengan IHM mengaku masih menunggu arahan dari pemerintah. “Kami tunggu arahan pemerintah”.(GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]