Belajar dari Joker, Ini Dampak Serius Bullying Menurut Dokter Jiwa


Selasa,08 Oktober 2019 - 08:24:06 WIB
Belajar dari Joker, Ini Dampak Serius Bullying Menurut Dokter Jiwa detik.com

Berkaca dari film  Joker yang sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 2 Oktober 2019, perilaku bullying dapat menyebabkan mental breakdown pada seseorang. Bahkan, banyak studi yang menghubungkan bullying dengan perilaku bunuh diri

Jadi, seperti berita dilansir detik.com, bagaimana koneksi antara bullying dengan mental health issue sampai seseorang bisa memutuskan untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain? dr Agung Frijanto SpKJ, sekretaris PP PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia), menjelaskan bahwa bullying dapat membuat seseorang mengalami kecemasan dan depresi berat.

"Banyak yang awalnya dari bullying dia tidak cerita ke orang lain, pendam sendiri akhirnya depresi berat dengan gejala psikotik," kata dr Agung saat ditemui detikcom, Senin (7/10/2019

dr Agung memberikan pesan bagi masyarakat untuk mulai peduli terhadap masalah kesehatan jiwa. Lingkungan sekitar terlebih keluarga harus hadir dan memberikan support system bagi mereka yang mulai memperlihatkan perubahan perilaku karena depresi akibat bullying.

"Kalau untuk korban cobalah untuk memanajemen stres, emosi, dan masalah. Kita bisa mengalihkan dengan kegiatan positif seperti olahraga. Terus juga yang penting itu cerita kepada keluarga, kerabat, atau teman. Jangan dipendem sendiri, atau bisa memperparah depresi ," pungkas dr Agung. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]