Fashion++, Aplikasi Baru Facebook yang Bantu Pengguna Tampil Modis


Rabu,16 Oktober 2019 - 12:43:52 WIB
Fashion++, Aplikasi Baru Facebook yang Bantu Pengguna Tampil Modis ilustrasi foto sumber kompas.com

Ketika teknologi dan mode sudah berdiri kian erat, Facebook pun memperkenalkan aplikasi terbarunya, Fashion++, yang bisa membantu penggunanya tampil lebih modis. Berkat bantuan teknologi AI (Artificial Intelligence/ kecerdasan buatan), aplikasi ini akan menilai, perbaikan apa yang bisa dilakukan terkait pakaian yang kamu kenakan. Facebook mengklaim, isu keberlanjutan adalah inti dari proyek ini. Sebab, aplikasi ini akan memberi tahu pengguna cara menggunakan kembali pakaian yang sudah mereka miliki, alih-alih membeli yang baru.

Disebutkan, Seperti berita laman kompas.com, sedapat mungkin saran yang diberi berupa penyesuaian minimal, namun memiliki dampak maksimal pada tampilan modis si pengguna. Facebook menggunakan jaringan gambar yang mendalam untuk mengidentifikasi pakaian, dan lalu menawarkan perubahan.

Mulai dari menukar potongan hingga mengubah skema warna, Fashion ++ memberikan hasil pengeditan yang menjanjikan, baik menurut metrik otomatis, maupun pendapat manusia. Meskipun gaya stylist tak dimiliki oleh seorang Mark Zuckerberg, namun aplikasi ini dibuat dengan keunggulan analisis terhadap ribuan gambar, dan membantu menjadikan penggunanya modis.

Melalui kekayaan data ini, teknologi tadi akan dipakai untuk melihat pakaian mana yang dinilai pas atau tidak dengan sebuah tren dan gaya, untuk kemudian memberikan masukan kepada penggunanya. Inisiatif ini muncul ketika dunia mode sudah semakin mengeksplorasi teknologi, berikut cara cara yang mungkin merevolusi industri tersebut.

Tengok saja, ketika di tahun 2018 Dolce & Gabanna mengirim drone ke catwalk untuk memamerkan tasnya. Lalu, tahun lalu, Tommy Jeans merilis Xplore, koleksi t-shirt, hoodies, dan gaun yang dilengkapi microchip Bluetooth yang bisa melacak pergerakan pemiliknya.
Di tempat lain, selama beberapa tahun terakhir, fesyen telah menyaksikan maraknya influencer virtual termasuk Lil Miquela dan Blawko, dengan pertunjukan di runway avatar virtual pertama.

Kala itu pertunjukkan diselenggarakan oleh Trashy Muse, yang berlangsung awal musim panas ini. Jadi, bagi kamu yang merindukan lemari pakaian "Clueless" menjadi kenyataan, waktumu mungkin telah tiba. Namun, ada baiknya pula kita waspada terhadap penguasa teknologi yang bakal merambah ke dalam kehidupan kita lebih jauh lagi. Tapi, khusus untuk aplikasi Facebook kali ini, mungkin akan sangat membantu banyak orang.

Facebook AI researchers have created Fashion++, an #AI tool that learns from sample images and then recommends easy changes to a person’s outfit to make it more stylish. https://t.co/Vbpcwg5dau pic.twitter.com/HiDVysgEPk — Facebook AI (@facebookai) September 20, 2019 (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]