5 Destinasi Kuliner yang Wajib Dikunjungi saat Liburan


Jumat,25 Oktober 2019 - 14:58:34 WIB
5 Destinasi Kuliner yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Sumber foto liputan6.com

Liburan tanpa kulineran, tentunya tidak lengkap, kan? Setiap orang yang berlibur ke suatu kota atau daerah biasanya juga akan menyempatkan diri untuk menikmati wisata kuliner yang menjadi ciri khas kota atau daerah tersebut. Terutama untuk mereka yang memang gemar melakukan wisata kuliner.

Destinasi Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Dilansir berita laman liputan6.com, Indonesia memang kaya akan wisata kuliner yang memiliki cita rasa tinggi dengan bermacam-macam variasi. Nah di artikel kali ini, kita akan membahas 5 destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi. Apa aja sih? Simak ulasan di bawah ini, yuk.

1. Padang

Destinasi kuliner wajib pertama yang harus kamu kunjungi adalah kota Padang. Pasti sudah pada tahu dong, kalau kota dengan cerita legenda Malin Kundang ini memiliki wisata kuliner yang siap membuat berat badan naik drastis.

Untuk kamu yang memiliki rencana berlibur ke kota Padang atau sedang berkunjung ke Kota Padang, jangan lupa mengeksplor wisata kuliner khas Minangkabau yang dijamin akan bikin kamu ketagihan.

Mulai dari rendang paru, gulai ayam, gulai kepala ikan, dendeng balado, hingga dendeng batokok bisa kamu temukan ketika mengelilingi pusat kota.

Bukan hanya itu, jajanan pasarnya juga wajib dicicipi. Mulai dari sala lauak hingga kue bika yang tidak boleh absen dari menu wisata kulinermu.

2. Bandung

Destinasi kuliner wajib kedua yang harus kamu kunjungi adalah Kota Bandung. Jika kamu pencinta makanan manis, tempat yang paling wajib kamu kunjungi adalah Braga Permai. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali aneka kue khas Bandung.

Kota yang diberi julukan Paris Van Java ini memang sangat dikenal dengan wisata kulinernya, Sobat. Sudah tidak diragukan lagi karena Bandung memang memiliki banyak sekali variasi jajanan yang siap memanjakan lidah kita, mulai dari siomay, batagor, karedok, cimol bandros, mie kocok, dan lain sebagainya.

Keunikan wisata kuliner di kota ini adalah kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan jajanan karena biasanya pilihan kuliner yang disuguhkan bisa ditemukan dimana saja. Baik di kaki lima hingga restoran-restoran mewah.

3. Palembang

Destinasi kuliner wajib selanjutnya adalah Palembang. Masih belum tahu kuliner khas kota yang satu ini? Pempek Palembang. Diolah menggunakan bahan-bahan dan rempah-rempah yang khas, pempek menjadi menu andalan yang selalu dicari oleh wisatawan yang berkunjung.

Tapi jangan salah, Palembang masih memiliki banyak sekali menu kuliner yang tidak kalah lezat, diantaranya tekwan yang mirip seperti bakso ikan, laksa dengan kuah santannya, pindang patin pedas, mie celor dengan kuah kental dan gurih, dan hidangan spesial yang disajikan saat hari raya di Palembang, yaitu kue delapan jam.

4. Makassar

Jika kamu berkunjung ke Makassar, maka wajib hukumnya untuk mencicipi coto Makassar. Coto Makassar merupakan sup berbahan dasar jeroan sapi dan dicampur dengan irisan daging sapi yang dibumbui dengan racikan rempah dan disajikan menggunakan mangkuk lalu dimakan bersama dengan ketupat.

Jadi, jangan hanya mengunjungi Pantai Losari atau Pulau Samalona saja, kamu juga wajib mencicipi menu kuliner khas Makassar yang satu ini jika berkunjung ke kota ini, ya!

5. Surabaya

Destinasi kuliner wajib terakhir yang harus kamu kunjungi adalah Surabaya. Selain kaya akan wisata sejarah, kota Pahlawan yang satu ini juga memiliki wisata kuliner yang sudah sangat terkenal.

Ada banyak jenis makanan unik yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling terkenal rujak cingur. Diolah menggunakan campuran cingur dan petis, dan disajikan dengan lontong, kangkung, toge, tempe, tahu, cingur, dan kacang panjang. (GA)

Oke guys, itu dia 5 destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi. Semoga membantu!

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]