Modus Penipuan Minta OTP, Ini Tanggapan dan Tips dari Gojek


Senin,28 Oktober 2019 - 16:20:29 WIB
Modus Penipuan Minta OTP, Ini Tanggapan dan Tips dari Gojek sumber foto detik.com

Sempat ada penipuan yang mengatasnamakan Gojek dan meminta kode OTP yang diterima pengguna Gojek. Gojek pun memberikan tanggapannya terkait hal tersebut.

"Kami menyesalkan terjadinya upaya penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan Gojek. Saat ini kami terus memonitor tindakan penyalahgunaan nama perusahaan kami dan menyiapkan langkah-langkah selanjutnya untuk menindaklanjuti," ujar Alvita Chen, Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Senin (28/10/2019).

Dilansir berita laman detik.com, Gojek juga ingin mengingatkan kembali kepada customer dan mitra driver untuk tidak membagikan OTP kepada siapapun, dengan alasan apapun, bahkan kepada pihak Gojek sekalipun.

"Kami tegaskan bahwa Gojek tidak pernah meminta kode OTP pengguna karena OTP adalah kode rahasia yang bertujuan untuk menjaga keamanan informasi pengguna. Hal ini tercermin dengan adanya catatan pengingat yang selalu kami sampaikan pada SMS yang berisikan OTP," tegasnya.

Bagi pelanggan maupun mitra yang mengalami hal yang sama, Gojek pun mengimbau untuk segera menghubungi customer service yang aktif 24 jam melalui nomor telepon 021-50849000 atau [email protected].

Gojek juga menyarankan lima langkah aman agar jauh dari penipuan:

  1. Cek secara berkala 'Logged In Devices' menu yang terdapat di aplikasi Gojek. Hubungi tim Customer Center Unit Gojek apabila menemukan hal yang mencurigakan.
  2. Jangan pernah memberitahukan kode verifikasi atau OTP yang dikirimkan melalui SMS kepada siapapun Kode OTP sama pentingnya dengan PIN pada akun Bank. Memberikan kode OTP, membuka akses kepada pihak lain untuk mengambil alih akun Anda.
  3. Aktifkan PIN pada akun GoPay untuk menjaga keamanan saldo GoPay di akun Anda Pastikan setiap transaksi GoPay yang Anda lakukan terlindungi dengan nomor PIN. Penggantian PIN secara berkala sangat disarankan untuk meningkatkan keamanan akun Anda.
  4. Gunakan nomor smartphone dan e-mail utama Anda yang digunakan sehari-hari, untuk akun Gojek Anda Nomor handphone berfungsi sebagai alat verifikasi untuk dapat masuk ke akun Anda. Sangat disarankan untuk mencantumkan nomor ponsel yang sama antara di aplikasi dengan nomor ponsel yang Anda gunakan.
  5. Pastikan setiap informasi yang Anda rujuk, berasal dari kanal informasi resmi Gojek Indonesia. Khusus untuk akun media sosial, pastikan akun tersebut telah terverifikasi dan memiliki tanda atau icon verified. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]