5 Penyebab Bersin saat Bangun Tidur di Pagi Hari


Senin,04 November 2019 - 08:52:22 WIB
5 Penyebab Bersin saat Bangun Tidur di Pagi Hari ilustrasi foto sumber detik.com

Sering bersin-bersin di pagi hari waktu bangun tidur? Tidak perlu khawatir, karena ternyata kondisi tersebut terjadi pada banyak orang.

Dikutip dari laman detik.com, ada banyak banyak faktor yang menyebabkan bersin di pagi hari. Berikut penjelasan terkait 5 hal yang bisa menyebabkan bersin-bersin usai bangun tidur.

1. Rhinitis alergi

Kondisi rhinitis alergi mengakibatkan hipersensitivitas pada serangga dan debu rumah, rambut binatang, serta spora jamur. Reaksi alergi juga terlihat saat terpapar bantal atau tempat tidur orang lain. Reaksi terlihat ketika bangun tidur, saat hidung terpapar lebih banyak hal yang mengakibatkan alergi.

2. Udara yang terlalu kering

Udara yang terlalu kering bisa disebabkan penggunaan air conditioner (AC) yang terlalu lama atau kondisi lingkungan sekitar. Hal ini bisa mengakibatkan hidung kering dan bersin saat bangun tidur di pagi hari.

3. Sinusitis

Sinusitis atau sinus bisa memicu bersin saat bangun tidur. Kondisi tubuh yang sudah terbangun memicu aliran lendir dan menimbulkan reaksi pada sistem pernapasan.

4. Sinar matahari

Bersin saat terpapar sinar matahari disebut photic sneeze reflex. Rangsangan dalam kondisi ini sulit dikontrol sehingga bisa bersin kapan saja. Rangsangan dalam kondisi ini mencakup berbagai sinar yang sangat terang, tidak hanya yang berasal dari matahari.

5. Rhinitis vasomotor

Pada kondisi ini terjadi peradangan pada membran di bagian dalam hidung. Radang menyebabkan bersin setelah terjadi perubahan suhu atau daya tahan tubuh selama tidur. Pada orang dengan rhinitis vasomotor, paparan tiba-tiba pada udara yang lebih dingin atau panas di pagi hari bisa menyebabkan bersin.(GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]