Kaki Menjulur ke Arah Kiblat saat Tidur, Bagaimana Hukumnya


Kamis,21 November 2019 - 14:27:33 WIB
Kaki Menjulur ke Arah Kiblat saat Tidur, Bagaimana Hukumnya sumber foto okezone.com

Tahukah anda bagaimana hukumnya orang yang tidur dengan posisi kaki menjulur ke arah kiblat? Dalam islam, kita sangat dituntun untuk memuliakan syiar-syiar Islam melalui Alquran dan Hadist.

Dikutip dari laman okezone.com, disebutkan dalam kitab Tabyin Al-Haqaiq, bahwa menjulurkan kaki ke arah kiblat baik pada saat terjaga maupun tidur adalah makruh. Sebagaimana makruh juga dikenakan ketika menjulurkan kaki ke arah Alquran dan kitab-kitab fiqih.

Kemudian dimakruhkan juga menjulurkan kaki ke arah mushaf dan kitab-kitab fiqih baik sewaktu dalam keadaan tidur atau terjaga. Sebagian ulama yang cenderung mengharamkan menjulurkan kaki kearah kiblat. Di antaranya yang berpandangan seperti ini adalah Imam Zarkasyi. Hal ini dikarenakan menjulurkan kaki pada arah kiblat ada unsur penghinaan pada kiblat.

Sementara disebutkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj berikut, bahkan Imam Zarkasyi menegaskan akan keharaman menjulurkan kaki pada mushaf. Ada juga pendapat yang menyatakan menjulurkan kaki ke arah kakbah juga sama, namun perbedaan hukum antara keduannya terdapat perbedaan di berbagai sisi.

Oleh karena itu, pada saat kita tidur, hendaknya sebisa mugkin menghindari tidur dengan posisi kaki menjulur ke arah kiblat. Ketika kita tidur hendaknya tidur dalam keadaan posisi miring ke kanan, sebagimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Lebih lanjut, beberapa ulama juga mengatakan bahwa tidur mengahadap kiblat adalah diperbolehkan. Yang dilarang itu adalah saat kita sedang buang air ke arah kiblat.

Menurut sudut pandangan fikih, tidur mujur menghadap kiblat tidak ada larangannya. Bahkan Imam Abu Hanifah dan Imam Malik mengajukan untuk salat, dengan cara semacam ini bagi yang tidak mampu berdiri.

Hal yang terlarang adalah mengahdap atau membelakangi ketika buang air di tanah lapang. Berdasarkan hadist dari Abu Ayyub al-Anshori Nabi Muhammadiyah SAW bersabda, “Janganlah menghadap atau membelakangi kiblat ketika buang air besar atau buang air kecil.” (H.R. Bukhori dan Muslim)

Dengan kata lain, tidak ada karangan tidur mujur menghadap kiblat. Sedangkan menurut kacamata akhlak tasawuf, Imam Ghozali menjelaskan, salah satu dari adab saat tidur adalah hendaknya ia mengadap kiblat. Itu bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama, miring ke arah kanan dengan wajah menghadap kiblat. Kedua, tidur tertelenjang dengan kepala mengahap kiblat. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]