Terima EU-Asean Business Council

Presiden Jokowi Protes Soal Diskriminasi Kelapa Sawit


Kamis,28 November 2019 - 14:59:27 WIB
Presiden Jokowi Protes Soal Diskriminasi Kelapa Sawit sumber foto bisnis.com

Presiden Joko Widodo menyatakan keberatannya atas perlakuan Uni Eropa yang menetapkan diskriminasi terhadap produk kelapa sawit Indonesia.

Dikutip dari laman bisnis.com, Presiden Jokowi mengatakan pihaknya tidak akan tinggal diam atas perlakuan diskriminasi Uni Eropa terhadap produk kelapa sawit dan turunannya.

"Tentu saja Indonesia tidak akan tinggal diam menanggapi diskriminasi ini. Negosiasi terkait Indonesia-EU comprehensive economic partnership akan terus berjalan dan minyak kelapa sawit akan tetap menjadi bagian dari negosiasi itu," jelasnya di Istana Merdeka, Kamis (28/11/2019).

Selama ini, Eropa diketahui tidak mau menyertakan sawit dalam lanjutan perundingan Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA. Menurutnya, Asean dan Uni Eropa telah setuju membentuk working grup guna membahas lebih jauh mengenai persoalan minyak kelapa sawit.

Sebagai informasi, Uni Eropa (UE) tengah mempertimbangkan untuk menetapkan batas baru, dengan tanggal yang belum ditentukan pada kontaminan makanan dalam lemak dan minyak olahan.

UE juga sedang membahas penerapan tingkat keamanan untuk ester 3-MCPD yang ditemukan dalam minyak sawit. Otoritas Keamanan Pangan Eropa mengatakan ester meningkatkan potensi masalah kesehatan.

Industri kelapa sawit senilai US$60 miliar sering dijadikan kambing hitam atas masalah pengurangan hutan hujan tropis. UE tahun ini memperkenalkan undang-undang untuk menghapus minyak kelapa sawit dari bahan bakar terbarukan pada 2030 karena masalah deforestasi. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]