Jauh di Samudera Pasifik, Ini Negara Pecinta Mie Instan Indonesia


Jumat,06 Desember 2019 - 17:05:19 WIB
Jauh di Samudera Pasifik, Ini Negara Pecinta Mie Instan Indonesia sumber foto detik.com

Ternyata, masyarakat Fiji begitu menggemari produk mie instan buatan Indonesia. Yuk, kita kenali negara pecinta mie instan ini. Dikutip dari laman detik.com, fakta itu pun diungkapkan oleh Menlu Retno Marsudi usai bertemu Menteri Luar Negeri Fiji, Hon Inia Seruiratu pada momen Bali Democracy Forum (BDF) ke-12, Kamis kemarin (5/12/2019).

Retno menyebut masyarakat Fiji sangat menggemari produk-produk ekonomi Indonesia. Salah satu produk tersebut yakni mi instan. "Sebenernya kecil tapi menunjukkan hubungan yang baik di bidang ekonomi. Misalnya, beliau menyebutkan produk mi instan Indonesia sudah sangat populer di Fiji. Bahkan untuk orang-orang Fiji yang hidup di dataran tinggi itu produk mi menjadi sangat tenar," ujar Retno.

Hal itu pun membuktikan, kalau orang Indonesia dan Fiji memiliki kedekatan yang sangat emosional. Khususnya terkait selera pada mie instan yang selalu menjadi sahabat dalam setiap kesempatan.

Hanya sebelum kita melanjutkan bicara tentang romantisme mie instant antar kedua negara, tak ada salahnya kita lebih dulu mengenal negara Fiji. Dilihat detikcom dari situs pariwisata Fiji, Jumat (6/12/2019), negara di Oceania ini merupakan negara republik dan kepulauan seperti Indonesia.

Diketahui, Fiji memiliki sekitar 330 pulau dengan sekitar 110 yang telah dihuni. Adapun sekitar 87% populasi masyarakatnya ada di dua pulau utama, Viti Levu dan Vanua Levu. Ibukota Suva pun berada di pulau Viti Levu.

Sedangkan untuk masyarakatnya, memiliki kedekatan yang kuat dengan budaya Polinesia seperti Samoa, Hawaii dan Tonga. Adapun pada abad ke-16, kontak dengan bangsa Eropa yang dalam hal ini adalah Belanda mulai tercipta. Proses panjang pun terjadi, hingga Fiji merdeka di tahun 1970 lewat tangan Inggris.

Kaya akan hasil laut, Fiji juga bergantung banyak pada sektor pariwisatanya. Sejumlah destinasi seperti Nadi, Pulau Denarau dan Mamanuca kerap didatangi oleh wisatawan dari Australia, Selandia Baru hingga Amerika Serikat.

Mirip dengan Indonesia, ketiga destinasi itu menawarkan pantai pasir putih hingga alam bawah laut dengan terumbu karang yang kaya. Tak sedikit juga hotel dan resort ternama hingga penginapan bujet yang menjamur di sana.

Selain pesona alam bawah laut yang jadi primadona, Fiji juga memiliki objek wisata lain seperti kebun botani Thursten, padang pasir Sigatoka hingga taman nasional. Tentu menarik untuk disimak, bahwa Fiji memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia. Tak hanya sistem pemerintahan, geografi negara hingga pariwisata, tapi juga soal selera di lidah.

Fiji pun bukan hanya jadi satu-satunya negara yang menyukai produk mie instant asal Indonesia. Media Vice mengatakan, kalau Nigeria juga jadi fans berat mie instant Indonesia.

"Di Nigeria, semua orang tahu Indomie," ujar salah satu warga lokal Fiji pada Vice. Lembaga survey Kantar Worldpanel bahkan menjelaskan. kalau salah satu produk mie instant asal Indonesia berhasil masuk peringkat kedelapan brand yang paling sering dibeli di dunia tahun 2017 silam.

Cara ke sana:

Mungkin ada yang penasaran dan ingin liburan ke Fiji? Pertama harus diketahui, bahwa jarak Indonesia ke Fiji cukup jauh dan memakan waktu belasan jam perjalanan dengan pesawat. Untuk mencapainya, traveler harus lebih dulu terbang ke Singapura atau Malaysia sebagai hub dan dilanjutkan dengan direct flight ke Fiji. Perlu diketahu, belum ada rute direct ke Fiji dari Indonesia. (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]