Pemerintah Sudah Siapkan RUU Ibu Kota Baru, Diajukan ke DPR Januari 2020


Rabu,18 Desember 2019 - 09:50:43 WIB
Pemerintah Sudah Siapkan RUU Ibu Kota Baru, Diajukan ke DPR Januari 2020 sumber foto merdeka.com

Pemerintah akan mengajukan Rancangan Undang-undang (RUU) ibu kota baru pada Januari 2020 mendatang. Saat ini, draf RUU ibu kota baru sudah disiapkan.

Dikutip dari laman merdeka.com, "sudah disiapkan, nanti dimasukkan Januari," ujar Jakarta usai meninjau ibu kota baru di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa pemerintah juga akan membahas soal rencana pembentukan wilayah administratif provinsi untuk ibu kota baru bersama DPR. Sejumlah rencana alternatif telah disiapkan pemerintah untuk ibu kota baru ini.

"Beberapa alternatif memang bisa nanti provinsi, bisa juga dalam bentuk kota. Ini beberapa alternatif yang segera diputuskan antara pemerintah dengan DPR," jelasnya.

Jokowi mengaku saat ini memang belum memutuskan nama yang akan digunakan untuk ibu kota baru. Menurut dia, nama ibu kota akan diumumkan pada pertengahan 2020 bersamaan dengan groundbreaking.

"Pada saat nanti awal ground breaking, peletakkan batu pertama, nama akan langsung kami sampaikan," tutur Jokowi.

Adapun titik lokasi yang ditinjau Jokowi yaitu, berada di wilayah perhutanan yang konsesinya dikuasai oleh PT ITCI Hutan Manunggal. Kurang lebih 45 menit mantan Walikota Solo itu meninjau lokasi ibu kota baru.

Dia menyebut lokasi yang ditinjaunya itu nantinya akan dibangun klaster pemerintahan seperti Istana Kepresidenan, kantor kementerian, dan gedung pemerintahan. Lahan yang disiapkan untuk membangun cluster pemerintahan yaitu, 5600 hektare.

"Ya klaster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana. Di situ, tempat paling tinggi, kemudian istananya juga di sekitar itu, kementerian-kementerian juga di sekitar tadi kita berhenti," ujar Jokowi.

Tak hanya untuk klaster pemerintahan, Jokowi mengatakan secara paralel juga akan dibangun cluster kesehatan, pendidikan, riset dan inovasi, serta pusat keuangan. Menurut dia, lokasi ibu kota baru sangat mendukung untuk membangun sebuah wilayah smart city. "Jadi yang jelas lokasinya sangat mendukung sekali untuk sebuah kota yang smart city, compact city, kemudian green city," ucap dia. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]