Anak Keseringan Main Gadget, Hati-hati Rentan Kena Hipertensi


Kamis,19 Desember 2019 - 08:44:28 WIB
Anak Keseringan Main Gadget, Hati-hati Rentan Kena Hipertensi sumber foto detik.com

Kemajuan teknologi memang menghasilkan berbagai macam perangkat gadget yang disukai oleh anak-anak. Tak hanya baik karena bisa melatih keterampilan dan motorik pada anak, namun gadget juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari laman detik.com, menurut ahli spesialis anak Prof Dr dr Partini Pudjiastuti Trihono, SpA(K), MM(Paed), gaya hidup anak yang kurang tidur, kurang gerak dan kecanduan bermain gadget dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).

"Orang yang kurang beraktivitas dan banyak makan, akhirnya relatif (jadi) obesitas ya. Jadi, pembuluh darah itu sebenarnya kalau dipakai beraktivitas, tekanan darahnya tidak akan naik. Salah satu yang kita anjurkan pada mereka yang obesitas itu, kita suruh dia beraktivitas dan akan dengan sendirinya tekanan darah akan menurun," kata Prof Partini saat ditemui, pada Rabu (18/12/2019).

Prof Partini pun menegaskan, untuk menghimbau anak-anak agar terhindar dari segala faktor risiko penyebab hipertensi, karena dapat merugikan pada masa yang akan datang ketika sudah dewasa.

"Jadi ternyata kerusakan pada pembuluh darah itu sudah ada sejak hipertensi di masa anak. Sudah terjadi kekakuan di pembuluh darah, sehingga kita lihat anak-anak muda sudah terkena stroke. Ternyata dia punya hipertensi (sejak kecil)," ucap Prof Partini memberikan contoh. Berdasarkan data Riskesdas (riset kesehatan dasar), 49-64 persen anak berisiko terkena hipertensi akibat kurang gerak dalam beraktivitas. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]