Jelang Tahun Baru, Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Mekar di Sumbar


Selasa,31 Desember 2019 - 13:49:08 WIB
Jelang Tahun Baru, Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Mekar di Sumbar sumber foto suara.com

Tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia tuan-mudae yang diperkirakan akan mencapai diameter terbesar di dunia mulai masuk fase mekar di dalam kawasan hutan cagar alam Maninjau di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Dilansir dari suara.com, pantauan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, diperkirakan, Puncak mekar tumbuhan dilindungi ini terjadi Rabu (1/1/2020) besok. Hal itu terlihat kelopak bunga sudah mulai terbuka.

"Saat ini kelopaknya sudah mulai terbuka, tiga hari lagi diperkirakan akan mekar sempurna, untuk perkembangan bunga kita akan melakukan pemantauan hingga tujuh hari kedepan," ujar Kasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan Didampingi unit PEH BKSDA Agam, Ade Putra sebagaimana dilansir Coveia.com (jaringan Suara.com), Senin (30/12/2019).

Menurut Khairi, bunga langka tersebut berjenis Rafflesia Tuan-mudae hal itu terlihat dari tanda-tanda yang terlihat dari bentuk bunga.

"Rafflesia tuan-mudae merupakan species yang hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii. Namun berdasarkan hasil penelitian dan explorasi yang dilakukan oleh Agus Susatya, ahli bunga Rafflesia dari Universitas Bengkulu pada Oktober tahun 2017, menyebutkan, ada beberapa perbedaan morfologi atau fisik antara jenis rafflesia di cagar alam Maninjau dengan arnoldii, seperti warna kelopak (perigon), kalau arnoldii lebih ke oranye sedangkan tuan mudae ke arah merah maron," ujarnya menjelaskan.

Tidak hanya itu, perbedaan juga terletak pada pola putih atau bercak pada kelopaknya, Bercak di Kawasan Jorong Marambuang tunggal sedangkan arnoldi itu ganda besar dan kecil.

"Pola bercak arnoldii besar di kelilingi kecil, di Maninjau tidak. Kalau rafflesia di Maninjau, jarak antarbercak agak berjauhan, arnoldii lebih rapat dan bagian dalam (ramenta) atau bulu berada pada bagian dalam," katanya.

Selain itu, bunga tersebut dipredikasi akan menjadi Rafflesia terbesar didunia dengan diameter mencapai 110 cm. Sebelumnya pada akhir tahun 2017 dilokasi BKSDA mencatat Bunga Rafflesia terbesar di dunia dengan diameter 107 cm.

"Untuk bunga ini kita prediksi diameternya mencapai 100 cm angka ini akan mengalahkan rekor sebelumnya di lokasi yang sama yaitunya 107 cm," kata Khairi Ramadhan. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]