Hati-Hati Membeli Mobil Bekas Banjir, Kenali Ciri-Cirinya


Senin,06 Januari 2020 - 16:14:55 WIB
Hati-Hati Membeli Mobil Bekas Banjir, Kenali Ciri-Cirinya sumber foto carmudi.co.id

Memiliki mobil merupakan salah satu impian sebagian besar orang. Bagi yang memiliki uang terbatas, membeli mobil bekas dirasa cukup. Namun, yang harus diwaspadai saat membeli mobil bekas banjir.

Dilansir dari laman carmudi.co.id, meski mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh, mobil yang terkena banjir tidak bisa benar-benar bersih. Pastinya, masih ada bekas lumpur atau jamur yang tertinggal di interior maupun eksterior mobil.

Tips Mengetahui Mobil Bekas Terendam Banjir

Sebenarnya, mengecek mobil bekas yang pernah kebanjiran tidaklah sulit. Orang awam pun bisa mengetahuinya lewat ciri-ciri tertentu. Carmudi merangkum cara mengetahui mobil bekas yang pernah terkena banjir sebagai berikut.

1.Mengecek Asal Muasal Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek asal lokasi mobil bekas sebelum membelinya. Carmudian dapat mengorek informasi dari STNK dengan melihat alamat pemilik sebelumnya, apakah ia tinggal di daerah yang rawan banjir atau tidak. Tidak semua mobil di daerah rawan banjir pasti terendam, tetapi ini bisa menjadi pertimbangan.

Selain itu, ketahui juga beberapa kota yang terkenal menjual berbagai mobil bekas banjir, seperti Semarang, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota lainnya.

2.Mobil Tercium Bau Tidak Sedap

Salah satu ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir dan paling sulit dihilangkan adalah aroma atau bau tidak sedap pada bagian kabin. Jika tercium bau tidak enak seperti bau apek ataupun bau menyengat dari penggunaan zat penghilang bau kabin yang berlebihan, pewangi kabin, atau bau kopi, bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

3.Mengecek Interior Mobil

Langkah selanjutnya yang bisa Carmudian lakukan adalah mengecek komponen-komponen interior mobil, termasuk sektor bagasi mobil hingga ke balik karpetnya dimana sebagian mobil menyimpan ban cadangan di dalamnya.

Daerah tersebut merupakan bagian yang paling jarang dibersihkan oleh sebagian besar pengguna mobil. Selain itu, kondisi kain pembungkus jok dan karpet juga bisa diperiksa. Apabila sudah diganti, bisa ditanyakan alasannya pada pemilik mobil sebelumnya.

Di sisi lain, bagian karet pintu yang menempel pada bodi mobil bisa Carmudian cek juga dengan melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Jika menemukan terdapat pasir, tanah, ataupun noda air, mobil tersebut kemungkinan bekas banjir.

4.Mengecek Perangkat Elektronik

Untuk memeriksa fungsi perangkat elektronik yang terdapat pada mobil, Carmudian bisa melakukan test drive sambil memeriksa perangkat-perangkat elektronik seperti radio tape, power window, lampu kabin, lampu sein, sekring, dan wiper.

Disarankan setelah diperiksa, ulangi pemeriksaan agar mobil bisa dipastikan dapat berjalan dengan baik. Mobil bekas banjir juga biasanya sulit dihidupkan. Ini menjadi salah satu ciri mobil bekas pernah terendam banjir dan perlu diwaspadai.

5.Harga Terlalu Murah

Hati-hati jika menemukan mobil bekas dengan harga yang sangat murah. Carmudian jangan terburu-buru untuk membelinya karena kemungkinan besar mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir. Carmudian bisa memeriksa terlebih dahulu dengan menanyakan beberapa penjual mobil bekas mengenai harga dari merek dan jenis mobil yang ingin Carmudian beli.

6.Periksa Riwayat Perawatan Mobil

Jika mobil biasa dirawat dengan baik, maka mobil tersebut pastinya dilengkapi dengan riwayat perawatan secara berkala dan riwayat klaim asuransi. Sehingga, bisa memberikan sedikit gambaran mengenai ciri-ciri mobil bekas banjir secara menyeluruh dengan memeriksa riwayat mobil tersebut.

7.Minta Mekanik Untuk Memeriksa

Jika Carmudian ingin mengetahui kondisi mobil bekas pada bagian mesinnya, maka disarankan memanggil mekanik terpecaya untuk memeriksa mesin mobil tersebut. Pastinya, mekanik dapat mengenali beberapa tempat bekas endapan kotoran atau lumpur bekas banjir.

Ini menjadi penting, khususnya bagi mobil yang masih bergaransi. Jika terbukti mobil bekas yang ingin dibeli adalah bekas banjir, maka garansi tersebut akan hangus meskipun masalah kerusakannya tidak disebutkan secara detail.

8.Mobil Berembun

Kaca pada lampu depan atau belakang sebaiknya turut diperiksa. Jika terdapat uap air yang terlihat seperti embun dan tidak ada retakan atau pecah, maka kemungkinan besar air banjir pernah merendam mobil tersebut.

9.Baut dan Bumper Berkarat

Ciri lainnya bisa dilihat pada baut dan bumper yang terletak di rem tangan. Jika sudah basah atau berkarat, ini menjadi bukti bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Periksa dengan teliti hingga detail karat terkecil yang ada pada bagian tersebut.

10.Oli Berwarna Putih

Ciri terakhir yang bisa Carmudian ketahui jika mobil bekasnya pernah terendam banjir atau tidak adalah olinya berwarna putih (berwarna susu). Selain itu, juga terlihat karat pada bagian mesin dan bodi mobil. Ini harus Carmudian ketahui jika tidak ingin membeli mobil bekas yang terendam banjir. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]