Harga minyak Dunia Turun Hampir 1%


Rabu,08 Januari 2020 - 09:28:23 WIB
Harga minyak Dunia Turun Hampir 1% sumber foto economy.okezone.com

Harga minyak turun hampir 1% pada perdagangan Selasa (7/1/2020) waktu setempat. Hal ini disebabkan oleh investor mempertimbangkan kembali adanya kemungkinan gangguan pasokan langsung dari konflik Timur Tengah dan AS.

Melansir Reuters, Jakarta, Rabu (8/1/2020)Minyak mentah brent turun 64 sen atau 0,93%, menjadi USD68,27 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 57 sen atau 0,9%, menjadi USD62,70 per barel.

Dilansir dari laman economy.okezone.com, harga minyak telah melonjak selama dua sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran meningkatnya konflik dan potensi gangguan pasokan Timur Tengah setelah Serangan drone 3 Januari menewaskan Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds elit Iran, dan Iran bersumpah akan membalas dendam.

Brent mencapai level tertinggi sejak September sementara WTI naik ke level terkuat sejak April. "Perluasan premi risiko-geo terkait Iran tampaknya kehabisan tenaga karena kompleks tersebut tampaknya mengambil sikap 'tunggu dan lihat' menjelang kemungkinan pembalasan Iran atas peristiwa pekan lalu," Jim Ritterbusch, presiden penasihat perdagangan tegas Ritterbusch and Associates.

Kepala Eksekutif Chevron Corp (CVX.N) Michael Wirth mengatakan bahwa pasar minyak tetap memiliki pasokan yang baik meskipun meningkatnya ketegangan baru-baru ini. "Secara fundamental penawaran dan permintaan tetap di tempat mereka berada sebelum insiden ini," kata Wirth dalam wawancara.

Grup Konsultasi Eurasia mengatakan Iran mungkin akan fokus pada target militer A.S. daripada target energi. "Itu tidak berarti tidak akan melanjutkan pelecehan komersial tingkat rendah atau infrastruktur energi regional, tetapi kegiatan ini tidak akan parah," tambahnya.

Harga juga turun meskipun ada kepatuhan yang lebih tinggi di antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memenuhi pembatasan kuota produksi yang bertujuan mengurangi pasokan.

Anggota OPEC memompa 29,5 juta barel per hari (bph) bulan lalu, turun 50.000 bph dari angka revisi November, menurut survei Reuters yang diterbitkan pada hari Senin.

Persediaan minyak mentah AS turun 5,9 juta barel dalam sepekan menjadi 3 Januari menjadi 430 juta barel, data dari kelompok industri American Petroleum Institute menunjukkan pada Selasa. Analis memperkirakan hasil imbang 3,6 juta barel. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]