Ramli Sutanegara Sebut PT SAML Berpengalaman dan Profesional Kelola Perkebunan Sawit


Kamis,09 Januari 2020 - 10:16:08 WIB
Ramli Sutanegara Sebut PT SAML Berpengalaman dan Profesional Kelola Perkebunan Sawit sumber foto bangka.tribunnews.com

Komisaris Utama PT Sinar Agro Makmur Lestari (SAML) Ramli Sutanegara menyatakan pihaknya profesional dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit.

"Bagi kami (PT SAML) bukan baru belajar dalam mengelola perkebunan kelapa sawit khususnya plasma. Bila pemerintah memberikan alokasi 20 persen, namun PT SAML memberikan 40 persen plasma, " ujar Komisaris utama PT SAML Ramli Sutanegara, Selasa (7/1).

Dilansir dari laman bangka.tribunnews.com, Ramli mengaku sangat menyesalkan sikap pemerintah daerah tidak tegas dalam persoalan-persoalan menyangkut perkebunan sawiit.

Menurut dia, pemda tidak melindungi investor dan tidak melindungi rakyat. Kami yakin dan percaya dengan adanya campur tangan Forkopimda yang sudah menginisiasi segera akan muncul keadilan," ungkapnya.

Keadilan yang dimaksud Ramli adalah perusahaan yang memiliki ijin dan menguasai tanah secara legal dan yang didukung penduduk asli daerah setempat serta pemerintah daerah, haruslah mendapat prioritas.

Ramli berharap berbagai pihak tidak mengenyampingkan orang-orang yang berniat membangun perkebunan kelapa sawit selama  ia memenuhi persyaratan dan bermanfaat untuk masyarakat itu tidak ada masalah. Namun, bila memang izin tidak ada dan menguasai tanah dengan cara ilegal, maka perkebunan tersebut harus ditindak.

"Siapa pun boleh membuka perkebunan kelapa sawit, namun memenuhi prosedur. Apabila berkebun harus ada ijin lokasi, " jelasnya. Terkait polemik perkebunan di Desa Mendo, Ramli menyebut belum ada langkah hukum yang ditempuh.

Belum ada pihak penggungat dan tergugat pada kasus ini jika hendak diselesaikan lewat pengadilan. "Bila persoalan itu hingga ke pengadilan, maka ada penggugat dan tergugat. Sementara dalam persoalan ini baik penggugat maupun tergugat tidak ada," ujarnya. (GA)



 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]