Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Lyme Disease Seperti yang Dialami Justin Bieber


Jumat,10 Januari 2020 - 09:12:12 WIB
Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Lyme Disease Seperti yang Dialami Justin Bieber sumber foto merdeka.com

Perbedaan yang tampak pada penampilan fisik penyanyi Justin Bieber membuatnya dituduh mengonsumsi narkoba. Namun melaluli postingannya di Instagram, Justin Bieber membantah hal tersebut dan menyebut bahwa dia mengidap Lyme Disease.

Dilansir dari laman medeka.com, "di saat ada begitu banyak orang yang bilang Justin Bieber terlihat seperti sampah, pakai narkoba, dan sebagainya, mereka gagal menyadari jika sebenarnya belum lama ini aku didiagnosa mengidap Lyme Disease," tulis Justin Bieber dalam postingannya dilansi dari KapanLagi.com.

"Nggak cuma itu saja, aku juga mengidap mono kronis yang berdampak pada kulitku, fungsi otak, energi, dan kesehatanku secara utuh," imbuh Justin yang berjanji akan menjelaskan penyakitnya lewat video yang bakal diunggah dalam channel YouTube-nya.

Apa Sebenarnya Lyme Disease?

Dilansir dari Healthline, lyme disease merupakan penyakit karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi. Bakteri ini bisa berpindah ke tubuh manusia melalui gigitan kutu berkaki hitam atau pada rusa.

Infeksi penyakit Lyme bisa menyebabkan penurunan sistem imun sampai gangguan ginjal. Infeksi ini sendiri masuk pada kutu setelah mengonsumsi darah dari rusa, burung, atau tikus yang juga sebelumnya telah terinfeksi.

Sebelum infeksi ini berpindah pada manusia, biasanya dibutuhkan waktu setidaknya 36 jam terkait keberadaan kutu ini. Seringnya banyak orang tidak mengingat kapan mengalami gigitan kutu sebelum mengalami penyakit ini.

Nama lyme pada penyakit ini sendiri berasa dari kota pertama penyakit ini dikenali yaitu di Old Lyme, Conneticut, Amerika Serikat. Penyakit ini normalnya terjadi di Eropa atau Amerika Serikat.

Seseorang bakal lebih rentan mengalami lyme disease ketika tinggal di area dekat hutan. Seseorang yang memelihara hewan yang sering berada di daerah sekitar hutan juga rentan mengalami infeksi penyakit ini.

Gejala Lyme Disease

Gejala dari penyakit ini bisa berbeda-beda dari satu orang dengan orang lainnya. Terdapat tiga tahapan dari penyakit ini yaitu lokalisasi awal, diseminasi awal, dan diseminasi akhir yang gejalanya bisa terjadi secara acak.

Walau begitu, secara umum terdapat gejala yang bisa tampak dari lyme disease berupa:

- Ruam yang datar dan berbentuk lingkaran di sekujur tubuh
- Kelelahan
- Nyeri sendi dan pembengkakan
- Sakit di otot
- Sakit kepala
- Demam
- Pembengkakan kelenjar getah bening
- Gangguan tidur
- Sulit Konsentrasi

Ketika seluruh hal tersebut kamu alami, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penanganan yang tepat.

Penanganan Lyme Disease

Penyakit ini sebaiknya segera ditangani ketika masih dalam tahap awal. Pada tahap ini, dokter biasanya akan menyarankan konsumsi obat minum selama 10-14 hari untuk mengatasi infeksi.

Setelah itu, bakal terjadi penyesuaian obat kembali agar seseorang bisa benar-benar sembuh dari masalah kesehatan ini. Biasanya pengobatan benar-benar tuntas setelah 14-28 hari.

Cara Pencegahan Lyme Disease

Penanganan lyme disease ini pada dasarnya dilakukan dengan cara mengurangi risikomu digigit kutu. Beberapa langkah berikut bisa kamu lakukan:

  • Menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang ketika berada di luar ruangan;
  • Hindari area hutan yang kurang cahaya matahari karena merupakan sarang kutu;
  • Gunakan krim penghalau serangga;
  • Selalu pertiksa tubuh sendiri, anak, atau peliharaan dari ancaman kutu yang mungkin ada. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]