Keluarga Gubernur-Sekda Riau Jadi Pejabat l, Komisi II DPR: Rentan Isu Nepotisme


Senin,13 Januari 2020 - 08:16:18 WIB
Keluarga Gubernur-Sekda Riau Jadi Pejabat l, Komisi II DPR: Rentan Isu Nepotisme sumber foto detik.com

Komisi II DPR menilai keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Riau Yan Prana Jaya yang menduduki jabatan di Pemprov Riau rentan isu nepotisme. Isu nepotisme dinilai bisa muncul jika proses pengangkatan keluarga Gubernur dan Sekda Riau itu tidak objektif dan transparan.

Dilansir dari laman detik.com, "saya kira harus dilihat dulu prosesnya. Kalau nama-nama yang disebutkan itu lulus dengan tahapan-tahapan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, saya kira tidak masalah. Yang penting apakah prosesnya dilakukan secara transparan, objektif, dan tidak diskriminatif. Walaupun tetap sangat rentan terkena isu nepotisme," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung kepada wartawan, Senin (13/1/2020).

Namun demikian, Doli meminta proses pengangkatan keluarga Gubernur dan Sekda Riau itu ditinjau ulang jika ditemukan prosedur yang tidak transparan. Apalagi, kata Doli, jika ada orang yang lebih berkualitas dikorbankan.

"Namun sebaliknya kalau ditemukan ada prosedur yang dilanggar, tidak transparan, penilaian yang tidak objektif, apalagi ada orang lain yang lebih berkualitas dikorbankan, maka perlu ditinjau ulang," ujar politikus Partai Golkar itu.

Sebelumnya diberitakan, pelantikan keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Riau Yan Prana Jaya menjadi pejabat di lingkungan Pemprov Riau menuai kritik. Prosedur pengangkatan para pejabat itu juga dipertanyakan sejak awal.

Pelantikan keluarga Gubernur Riau Syamsuar dilaksanakan pada Selasa (7/1) lalu. Dalam pelantikan eselon III dan IV itu diketahui adanya menantu Gubernur Riau, Tika Rahmi Syahfitri, yang menjabat sebagai Kasubag Retribusi Bapenda Riau.

Sedangkan keluarga Sekda Riau Yan Prana yang diangkat menjadi pejabat adalah kakak kandungnya Prasurya Darma sebagai Sekretaris Dinas Sosial Riau. Selain itu, adik kandung Yan Prana, Dedi Herman menjabat Kabid Operasi Satpol PP Riau. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]