Pengamat Ekonomi Sebut Indonesia Mau Diterkam Industri Vape


Kamis,16 Januari 2020 - 10:19:42 WIB
Pengamat Ekonomi Sebut Indonesia Mau Diterkam Industri Vape sumber foto bisnis.com

Wakil Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Indonesia (UI) Abdillah Ahsan menekan dua pemain besar dalam industri rokok elektronik atau vape di Indonesia adalah perusahaan global seperti Altria Group dan Phillip Morris International.

Dilansir dari laman bisnis.com, seperti yang diketahui, Phillip Morris International hadir dengan merk dagang IQOS dan Altria Group memasuki pasar Indonesia dengan brand Juul yang merupakan pionir untuk produk vape yang kini mendunia.

“Bisnis rokok elektrik Juul di Amerika, penjualannya meroket. Kemudian FDA, BPOM-nya Ameika, mencermati Juul dengan ketat sehingga tidak ada kios Juul di Amerika, tapi ada kios Juul di Indonesia,” ujar Abdillah di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan pada Rabu (15/1/2020).

Disebutkan Abdillah, setelah diawasi di Amerika, usaha ekspansi Juul menyoroti tiga negara Asia dengan angka perokok yang tinggi yakni Korea Selatan, Indonesia dan Filipina.

“Apalagi di Indonesia, 60 persen laki-laki merokok, mereka sudah biasa dengan budaya merokok. Sehingga, produk Juul lebih bisa diterima di Indonesia,” ujar Abdillah.

Perusahaan rokok dalam negeri hingga saat ini belum memiliki produk rokok elektrik, sehingga, lanjutnya, yang perlu diwaspadai adalah perkembangan dari dua pemain besar itu sendiri.

“Perwakilan Juul di Singapura menyebutkan sebelum mereka masuk ke suatu negara, mereka akan mengamatinya dengan sangat baik. Bahkan terlihat bahwa mereka menyiapkan lanskap karena banyaknya perokok di Asia sebagai prioritas utama,” tuturnya.

“Mereka datang dengan campaign Juul lebih aman itu by design untuk ekspansi pasar. Orang yang income tinggi, tentu ingin produk yang lebih aman itu yang disasar,” lanjutnya.

Apapun yang ditawarkan oleh penjual rokok elektrik, menurutnya, harus diamati dan dikritisi. Karena untuk masalah kesehatan, masyarakat diharapkan lebih percaya kepada dokter dibandingkan dengan penjual.  

“Jadi sepertinya kita memang mau diterkam oleh pemain global (industri vape) ini. Sehingga kami menyarankan kepada pemerintah untuk segera membuat larangan peredaran rokok elektrik. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]