Jangan Lupa Bersihkan Belakang Telinga usai Mandi Pagi, Ini Sebabnya


Rabu,22 Januari 2020 - 08:39:44 WIB
Jangan Lupa Bersihkan Belakang Telinga usai Mandi Pagi, Ini Sebabnya sumber foto health.detik.com

Seberapa sering kamu membersihkan telingamu usai mandi? Sebenarnya ada area yang lebih membutuhkan perhatian untuk dibersihkan lagi, yakni bagian belakang telinga.  Apa yang terjadi jika kita jarang membersihkan bagian belakang telinga, terutama usai mandi?

Dilansir dari health.detik.com, jarang membersihkan belakang telinga bisa mengakibatkan iritasi seperti salah satu jenis eksim yang disebut seborrheic dermatitis, infeksi tindik, infeksi jamur, dan infeksi-infeksi lainnya yang bisa memburuk secara cepat.

Seringkali kita juga menemukan bau tak enak dari belakang telinga kita. Jika area tersebut tidak sakit dan hanya sedikit berbau tidak sedap, maka cara terbaik adalah dengan membersihkannya menggunakan air dan sabun saat mandi.

Tetapi jika area tersebut bengkak, nyeri, atau bahkan mengeluarkan cairan, bisa jadi ada sesuatu seperti infeksi yang terjadi di belakang telingamu. Dokter justru lebih menekankan pentingnya membersihkan belakang telinga ketimbang membersihkan bagian liang telinga seperti yang memang biasa kita semua lakukan.

"Tak perlu membersihkan telingamu dengan cotton bud. Telinga kita memiliki mekanisme pembersihan internalnya sendiri. Lemak dan minyak di dalam liang telinga bisa menjebak partikel apapun dan membawanya keluar telinga sebagai kotoran telinga berbentuk lilin. Dan akan keluar tanpa kita ketahui," kata Dr Rob Hicks.

MayoClinic dan banyak dokter lainnya memperingatkan akan bahayanya menggunakan cotton bud, karena alat ini malah mendorong kotoran lilin tersebut semakin dalam ke liang telinga kita, dan semakin besar kemungkinannya merusak gendang telinga.

Membersihkannya usai mandi pagi ini tepat, kamu hanya butuh handuk atau tisu untuk mengelap bagian luar kanal telinga untuk membersihkan kotoran yang keluar. Jangan lupa untuk membersihkan bagian belakangnya juga agar terhindar dari infeksi dan bau tak sedap. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]