5 Makanan untuk Cegah Glaukoma Sejak Dini


Senin,10 Februari 2020 - 09:07:46 WIB
5 Makanan untuk Cegah Glaukoma Sejak Dini sumber foto okezone.com

Glaukoma salah satu penyakit mata yang dapat dicegah sejak dini. Cara baik yang dapat Anda lakukan yakni mengonsumsi berbagai makanan sehat. Glaukoma adalah penyebab utama kebutaan yang tidak dapat disembuhkan di seluruh dunia.  dari

Dilansir dari laman okezone.com, penyebab utama glaukoma adalah meningkatnya tekanan intraokular (TIO), yang disebabkan karena peningkatan tekanan cairan di dalam mata.

Akibatnya, terjadi kerusakan saraf optik yang bertindak sebagai jembatan antara otak dan mata untuk memproses informasi visual.Nah, orang-orang dari semua kelompok umur bisa mengalami glaukoma, bahkan bayi baru lahir.

Dilansir Okezone dari Boldsky, untuk mencegah glaukoma, Anda bisa mengonsumsi lima makanan berikut. Umumnya mengandung vitamin A, vitamin C, bera karoten, serta antioksidan. Nah, apa saja jenisnya?

Ikan

Ikan-ikan seperti tuna dan salmon mengandung EPA dan DHA, sejenis asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan suplai mata dan mencegah kerusakan saraf optik.

Jeruk

Dalam sebuah penelitian di antara 584 wanita Afrika-Amerika, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari dua porsi jeruk segar per minggu, berisiko rendah terkena glaukoma, dibandingkan dengan wanita yang memiliki porsi lebih sedikit per minggu.

Wortel

Menurut sebuah penelitian, vitamin A dan beta karoten dalam wortel membantu mengurangi risiko glaukoma. Penelitian itu juga mengatakan bahwa buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A, C dan beta karoten sangat membantu untuk mengurangi risiko penyakit mata.

Goji berry

Goji berry dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi visual. Menurut sebuah penelitian, lycium barbarum polysaccharides adalah senyawa aktif dalam goji berry yang membantu mencegah kerusakan pada sel retina, setelah glaukoma didiagnosis.

Kale

Sayuran hijau populer ini dikemas dengan vitamin A dan beta karoten. Mengonsumsi lebih dari satu porsi kale dalam sebulan, dikaitkan dengan berkurangnya risiko glaukoma, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari satu porsi per bulan.(GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]