5 Tokoh Perempuan Sumatera Barat, Salah Satunya Rasuna Said


Kamis,13 Februari 2020 - 15:57:33 WIB
5 Tokoh Perempuan Sumatera Barat, Salah Satunya Rasuna Said sumber foto news.detik.com

Banyak yang tidak mengenal tokoh perempuan asal Sumatera Barat. Padahal, mereka memiliki banyak peran hebat dalam perjuangan Indonesia. Siapa saja mereka?

Dilansir dari laman new.detik.com, selama ini, kita hanya mengenal tokoh perempuan, seperti Raden Ajeng Kartini dan Cut Nyak Dien. Padahal, ada juga tokoh perempuan dari Sumatera Barat yang memiliki sepak terjang yang mumpuni lho.

Berikut tokoh pahlawan wanita sumatera barat yang dirangkum detikcom:

1. Rasuna Said

Salah satu pahlawan nasional perempuan dari Sumatera Barat yang juga seorang orator handal adalah Rasuna Said. Wanita yang lahir di Agam, 14 September 1910 ini dikenal sebagai pejuang kemerdekaan. Pemilik nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said ini dalam perjuangannya tidak hanya fokus pada hak-hak wanita. Tetapi ia juga memperjuangkan terkait pendidikan dan juga politik.

2. Siti Manggopoh

Siti Manggopoh merupakan tokoh pahlawan wanita asal Sumatera Barat Sebagai pejuang, ia tampil memimpin perjuangan melawan tentara Belanda dalam perang Belasting (Pajak Uang). Dikisahkan, Siti Manggopoh menjadi salah seorang wanita yang ditakuti Belanda. Sebab, pasukan di bawah pimpinannya mampu menewaskan 53 tentara Belanda.

3. Rohana Kudus

Tokoh-tokoh wanita yang berperan di Sumatera Barat yang lain adalah Rohana Kudus. Wanita ini merupakan seorang guru dan pendiri sekolah khusus perempuan. Ia dikenal sebagai multitalenta karena juga bisa berperan sebagai seorang penulis, wirausaha, dan juga pemimpin redaksi di berbagai surat kabar perempuan. Rohana Kudus pun pintar menggunakan tiga bahasa, bahasa Arab, latin, dan Arab Melayu.

4. Inyiak Upiak Palatiang

Inyiak Upiak Palatiang merupakan tokoh wanita yang berasal dari Sumatera Barat. Wanita ini juga dikenal sebagai pendekar karena menguasai aliran silat gunung yang saat ini berkembang di Minangkabau. Selain itu, Inyiak Upiak Palatiang juga pecinta seni. Ia banyak menciptakan pantun-pantun pertunjukan randai, dan juga syari dendang.

5. Rahma El Yunusiyah

Tokoh perempuan yang berasal dari Sumatera Barat terakhir adalah Rahma El Yunusiah. Wanita ini dikenal sebagai tokoh ulama perempuan yang mampu mendirikan Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang. Bahkan, tokoh perempuan ini juga menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar syaikhah dari Universitas Al-Azhar Mesir. Penghargaan tersebut didapatkan sebagai apresiasi program pembangunan pendidikan perempuan di Universitas Al-Azhar. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]