Hati-hati, Ini Risikonya Kalau Berlebihan Pakai Hand Sanitizer


Jumat,06 Maret 2020 - 08:40:44 WIB
Hati-hati, Ini Risikonya Kalau Berlebihan Pakai Hand Sanitizer sumber foto health.detik.com

Belakangan ini hand sanitizer langka di pasaran akibat banyak diburu orang untuk mencegah penularan virus corona COVID-19. Meski kerap disebut lebih efektif daripada mencuci tangan pakai air dan sabun, nyatanya menggunakan hand sanitizer terlalu sering bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Dilansir dari laman health.detik.com, Dokter spesialis okupasi dari departemen ilmu kedokteran komunitas FKUI, Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk, mengatakan sebaiknya penggunaan hand sanitizer tidak lebih dari lima kali dalam sehari.

"Kalau sudah lima kali cuci tangan pakai hand sanitizer itu tangan kita terasa seperti aneh dan kering. Nah kalau sudah kaya begitu baiknya cuci tangan pakai air dan sabun," kata dr Dewi, Kamis (5/2/2020).

Menurutnya kandungan alkohol dalam hand sanitizer jika terlalu sering digunakan bisa membuat kulit menjadi kering. "Ada alkoholnya jadi zat-zat yang seperti itu ada efek ke kulit yaitu kulit jadi kering. Kalau kulit lebih kering berarti kulit akan mudah luka," jelas dr Dewi. "Jadi kamu menyelesaikan yang itu tapi nggak menyelesaikan yang lain dan ini malah tambah masalah," tuturnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]