Kondisi Terbaru 6 Pasien Suspect Virus Corona Covid-19 di Pekanbaru


Senin,09 Maret 2020 - 09:53:55 WIB
Kondisi Terbaru 6 Pasien Suspect Virus Corona Covid-19 di Pekanbaru Sumber foto liputan6.com

Sebanyak enam pasien suspect virus corona (Covid-19) tengah menjalani proses observasi di tiga rumah sakit rujukan di Provinsi Riau. Ke-enam pasien itu menunjukan gejalan tertular virus corona (Covid-19).

Dilansir dari laman liputan6.com, "data pasien suspect Covid-19 di Riau per 8 Maret 2020 ada enam orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, Senin (9/3/2020).

Ia menjelaskan ada empat pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, satu pasien di RSUD Dumai dan satu pasien lagi di RSUD Puri Husana Indragiri Hilir.

Menurut dia, semua pasien terduga sudah dirawat di ruang isolasi, dan diambil sampel swap untuk diteliti di lab Penelitian Pengembangan Kesehaten (Litbangkes) Kementerian kesehatan di Jakarta. "Kondisi pasien dalam observasi di ruangan isolasi RS dan sudah diambil swap sampel yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes RI," ujarnya.

Ia mengatakan untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang banyak secara standar operasi pasien ditempatkan di ruangan isolasi meskipun belum diketahui apakah pasien positif virus corona.

Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. Nuzelly Husnedi mengatakan fasilitas kesehatan milik Pemprov Riau tersebut mulai menangani seorang pasien dari Pekanbaru tersebut sejak Selasa (3/3).

Ia mengatakan pihaknya sudah mengambil sampel swap pasien untuk diteliti. Sampel tersebut sudah dikirim ke Puslitbangkes di Jakarta pada pekan lalu. Menurut dia, proses penelitian sampel pasien ternyata memakan waktu lama karena banyak sampel dari pasien terduga virus corona lainnya yang masuk.

Sedangkan, pemerintah hanya mengizinkan penelitian sampel untuk penyakit tersebut di Puslitbangkes. "Ternyata yang antre banyak," kata dr. Nuzelly seraya menambahkan biasanya hasil lab selesai 2-3 hari setelah dimasukan. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]