Pasien Kedua Positif Covid-19 di Riau Hanya Alami Batuk Ringan, Nafsu Makan Bagus dan tidak Demam


Senin,30 Maret 2020 - 13:56:47 WIB
Pasien Kedua Positif Covid-19 di Riau Hanya Alami Batuk Ringan, Nafsu Makan Bagus dan tidak Demam sumber foto goriau.com

Meski dinyatakan positif mengidap Covid-19, AH (42), warga Pekanbaru, Riau, ternyata tidak demam melainkan hanya batuk ringan. Sementara nafsu makannya tetap bagus.

Dilansir dari laman goriau.com, demikian disampaikan Juru bicara penanganan virus corona (Covid-19) Provinsi Riau dr Indra Yopi lewat laman resmi Pemprov Riau. Ia mengatakan, AH saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

''Beliau dirawat sejak dua hari lalu, kondisinya baik, hanya batuk ringan saja. Tidak demam, tidak ada mengalami sesak nafas. Nafsu makannya juga bagus," tuturnya, Minggu (29/3/2020).

Tim dokter RSUD Arifin Achmad, lanjut dr Indra, juga telah memberi pengobatan khusus terkait penanganan Covid-19 kepada pasien tersebut. ''Ada beberapa obat yang diberikan, antibiotik dan diinfus. Pasien harus menunggu sampai dua kali swap dinyatakan negatif, baru boleh pulang," ujarnya.

Dia menerangkan, dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh petugas dari dinas kesehatan setempat, pasien tersebut sebelumnya memiliki hubungan kontak dengan pasien positif Covid-19 pada kasus pertama, yakni tuan M yang telah dinyatakan sembuh. Dimana, keduanya pernah sama-sama menjadi bagian dari jamaah yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Petaling Jaya, Malaysia beberapa waktu lalu.

''Mereka berdua merasakan gejala setelah pulang dari Malaysia, mengikuti kegiatan tabligh di Malaysia. Ternyata memang kegiatan di Petaling Malaysia menjadi suatu sumber klaster yang besar,'' kata dia. ''Tuan M dan Tuan AH ini memang kembali dari Malaysia. Jadi bukan penularan dari orang ke orang di Peovinsi Riau," tambahnya.

Karenanya, dia berharap agar masyarakat yang mengikuti kegiatan serupa di Petaling waktu lalu, dapat dengan sukarela untuk memeriksakan diri ke Puskesmas dan rumah sakit di wilayah setempat.

''Hal ini supaya bisa dilakukan pemeriksaan swap. Memang dinas kesehatan kabupaten dan kota setempat juga telah melakukan surveilans ke beberapa orang yang kembali dari Petaling," ujarnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]