7 Tips Sehat Beli Makanan Secara Online di Tengah Pandemi Corona Covid-19


Rabu,01 April 2020 - 08:29:10 WIB
7 Tips Sehat Beli Makanan Secara Online di Tengah Pandemi Corona Covid-19 Sumber foto liputan6.com

Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Per Senin (30/3/2020) lebih dari 650 ribu orang di seluruh dunia positif terjangkit virus ini dengan angka kematian mencapai 33.257.

Dilansir dari laman liputan6.com, sementara di Indonesia, per Selasa (31/3/2020) 1.414 orang positif terjangkit virus corona dan 122 meninggal. Penyebaran secara masif virus ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Di sisi lain, physial distancing membuat interaksi sosial masyarakat menjadi berkurang. Pasalnya, seseorang akan berada di dalam rumah dan hanya keluar jika dalam kondisi mendesak.

Selama menjalani physical distancing, masyarakat perlu memasok bahan makanan. Bagi mereka yang tak sempat memasok makanan, tidak memiliki keahlian dalam memasak, tak memiliki cukup waktu, hingga agar tak sekadar bosan, memesan makanan secara online bisa menjadi solusi.

Mereka bisa memercayakan ketersediaan asupan tetap terpenuhi tanpa perlu repot-repot memasak. Namun, Anda tetap perlu waspada dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang.

Anda bisa mulai dengan memperhatikan media pengantar makanan ke rumah. Pasalnya, virus corona bisa bertahan hidup pada benda seperti tembaga (4 jam), karton (24 jam), stainless steel (48 jam), dan plastik (72 jam).

Untuk itu, perlu tindakan pencegahan agar makanan yang dipesan secara online tetap sehat dan tak terpapar virus corona dari luar. Berikut beberapa tips yang dirangkum Bola.com dari Real Simple, Selasa (31/3/2020).

Tips Sehat Membeli Makanan Online saat Pandemi Virus Corona

  1. Hindari membeli makanan secara online jika Anda atau keluarga serumah ada yang sakit, menunjukkan gejala, lansia, atau berisiko tertular COVID-19. Lebih sehat jika mengolah makanan sendiri.
  2. Hindari menyentuh permukaan seperti gagang pintu saat menjemput pesanan.
  3. Cuci tangan Anda atau gunakan pembersih tangan (kadar alkohol minimal 60 persen) setelah penukaran barang, dan hindari menyentuh wajah Anda sebelum membersihkan tangan.
  4. Bila memungkinkan pilih opsi tinggalkan makanan di pintu atau buat kotak khusus di luar agar kurir bisa meletakkan di sana.
  5. Pindahkan makanan ke piring atau wadah lain.
  6. Segera buang kotak makanan ke tempat sampah.
  7. Bersihkan permukaan rumah yang bersentuhan dengan kantong pengiriman.
  8. Cuci tangan Anda dengan benar sebelum dan sesudah makan.

(GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]