Ahli Sebut Berkumur Air Garam Bisa Bantu Atasi Virus Corona


Rabu,20 Mei 2020 - 09:44:16 WIB
Ahli Sebut Berkumur Air Garam Bisa Bantu Atasi Virus Corona sumber foto health.detik.com

Ahli virologi dari Edinburgh University menemukan bahwa ada perawatan sederhana yang bisa membantu mengatasi pasien yang dinyatakan positif virus corona Tim medis pun saat ini terus mendesak agar cara ini bisa diuji coba untuk membuktikannya.

Dilansir dari laman health.detik.com, "upaya ini nampaknya efektif dalam mengurangi gejala dan lamanya penyakit ini," tulis Dr Sandeep Ramalingam, salah satu tim peneliti dalam Journal of Global Health.

Namun, menurut konsultan virologi di Royal Infirmary of Edinburgh, hal ini perlu diteliti lebih dalam dalam lagi untuk membuktikan kebenarannya. Menurut mereka, cara ini masih tidak jelas apakah hanya dengan berkumur atau mengirigasi hidung dengan air garam bisa efektif mengatasi COVID-19.

Akhirnya upaya ini dibuktikan dalam studi yang melibatkan 66 pasien dengan infeksi hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Royal dan Rumah Sakit Umum Barat di Edinburgh.

Dalam percobaannya, dokter meminta 32 pasien mengirigasi hidung dan berkumur dengan air garam 12 kali dalam sehari. Sedangkan 34 pasien lainnya hanya melanjutkan perawatan rutinnya saja.

Saat swab hidung dilakukan kembali, menemukan bahwa pengobatan dengan air garam bisa mengurangi durasi infeksi saluran pernapasan karena virus Corona, dalam waktu rata-rata dua setengah hari.

"Dengan demikian, mungkin cara ini menawarkan upaya yang aman, efektif, dan terukur pada mereka yang terinfeksi COVID-19," kata Dr Ramalingam yang dikutip dari The Sun, Rabu (20/5/2020).

Sebelumnya, laporan serupa yang menyebut cairan obat kumur juga bisa berpotensi menghancurkan virus Corona sebelum menginfeksi sel manusia. Saat ini pun para ilmuwan menyerukan studi lebih lanjut untuk membuktikannya, tapi hal ini dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Tidak ada bukti bahwa menggunakan obat kumur akan melindungi Anda dari infeksi virus corona baru," bantah WHO beberapa waktu lalu. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]