Ini Kecepatan dan Jarak Asteroid yang Bakal Mendekati Bumi


Senin,08 Juni 2020 - 14:04:39 WIB
Ini Kecepatan dan Jarak Asteroid yang Bakal Mendekati Bumi sumber foto techno.okezone.com

Badan antariksa Amerika Serikat (AS) telah mendeteksi asteroid raksasa yang dijuluki XA22 2013 atau Apollo. Asteroid Apollo adalah jenis yang paling berbahaya karena menyebabkan kerusakan bahkan jika mereka bertabrakan dengan atmosfer Bumi, dikutip Sindonews.

Dilansir dari laman techno.okezone.com, kabarnya, asteroid seukuran Big Ben itu bergerak mendekati Bumi dengan kecepatan 15.000 mph. NASA memperkirakan 2013 XA22 akan mendekati Bumi pada Senin pada jarak 7,62 aeronautical miles dari Bumi. Ini mungkin terdengar dekat, tetapi pada kenyataannya itu sekitar 1.820.085 mil dari planet kita.

Menurut NASA, Objek Dekat Bumi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan "komet dan asteroid yang telah didorong oleh gaya tarik gravitasi planet terdekat menjadi orbit yang memungkinkan mereka memasuki lingkungan Bumi".

Mengingat ukuran asteroid yang besar, ia mampu menciptakan kawah yang lebarnya sekitar tiga mil jika bertabrakan dengan Bumi. Ini berarti asteroid cukup kuat untuk menghancurkan seluruh kota selama peristiwa tabrakan. "Penghancur kota" saat ini melaju dengan kecepatan 30.500 mph.

NASA menggolongkan tempat itu sebagai zona "objek dekat-Bumi". NASA sendiri berupaya menyelamatkan umat manusia dengan menyiapkan rencana gila untuk menyelamatkan Bumi dengan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid.

NASA sedang meningkatkan rencana untuk secara sengaja menabrak pesawat ruang angkasa ke asteroid ketika bergabung dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) minggu depan.

Para ilmuwan dari kedua organisasi berencana untuk menguji apakah mungkin untuk membelokkan orbit asteroid yang berpotensi mematikan jutaan umat manusia. Para ahli akan bertemu di Italia untuk menyempurnakan rencana tersebut. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]