BPPT Dorong Percepatan Pengembangan Vaksin Corona Buatan Dalam Negeri


Kamis,11 Juni 2020 - 14:11:13 WIB
BPPT Dorong Percepatan Pengembangan Vaksin Corona Buatan Dalam Negeri sumber foto techno.okezone.com

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus mendorong untuk melakukan pengembangan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. Dukungan terciptanya vaksin Covid-19 merupakan langkah preventif BPPT dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Dilansir dari laman techno.okezone.com, "salah satu langkah yang dilakukan BPPT siap beri dukungan dalam perkembangan seed vaksin atau bahan awal pembuatan vaksin yang berasal dari Indonesia hingga pada tahap optimalisasi produk seed vaksin pada bioreactor serta pengembangan adjuvant yang mampu meningkatkan respon imun," kata Kepala BPPT, Hammam Riza saat rapat virtual Pencegahan Covid-19 bersama Menristek Bambang Brodjonegoro beberapa waktu lalu.

Hammam mengaku sangat optimis dengan kemampuan para ilmuwan Indonesia menemukan penawar Covid-19 itu. Pasalnya Indonesia mempunyai prestasi yang gemilang dalam menciptakan berbagai vaksin.

"Melihat dari kasus sebelumnya kita mampu menciptakan vaksin. BPPT sendiri pernah terlibat dalam pembuatan berbagai vaksin di antaranya vaksin avian influenza, vaksin hipatitis b, vaksin dengue, vaksin human papilloma virus," ujarnya.

Oleh karenanya, vaksin Covid-19 akan terwujud sekurang-kurangnya di awal tahun 2021 mendatang. Sehingga negara Indonesia dapat mandiri dalam mengatasi virus corona. "Melalui kaloborasi berbagai pihak lainnya, saya yakin vaksin bisa diproduksi tepat waktu diawal tahun depan. Indonesia dapat mandiri tanpa harus membeli dari luar," ucapnya.

Ditambahkan Hammam, guna mendukung proses hilirisasi vaksin tersebut pihaknya juga siap berperan dalam rancangan industri atau manufaktur vaksin. "Sudah saatnya Indonesia mandiri tidak tergantung import. BPPT yakin vaksin anak bangsa mampu menjadi momentum bagi industri kesehatan Indonesia maju," tutupnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]