Komisi XI Dorong Pemerintah Lanjutkan Proses Pemindahan Ibu Kota


Rabu,24 Juni 2020 - 15:05:05 WIB
Komisi XI Dorong Pemerintah Lanjutkan Proses Pemindahan Ibu Kota sumber foto merdeka.com

Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Eriko Sotarduga menyoroti tiga rencana kerja Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) di 2021. Salah satunya adalah mengenai rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yang menjadi rencana jangka panjang pemerintah.

Dilansir dari laman merdeka.com, menurutnya, proses pemindahan IKN harus tetap dilanjutkan baik pemerintah yang sekarang, maupun akan datang. Sebab rencana ini sudah menjadi haluan negara yang telah dipersiapkan secara baik melalui proses pertimbangan dan kajian cukup matang.

"Yang namanya haluan negara ini penting sekali. Kenapa? Nanti capek-capek Pak Suharso beserta seluruh jajaran mengeset mempersiapkan merencanakan mengaplikasikan untuk ibu kota negara ini nanti pergantian pemerintahan, terus kemudian nanti akhirnya ini menjadi batal gimana," kata dia dalam rapat Komisi XI DPR RI bersama Bappenas di Jakarta, Rabu (24/6).

Dia berharap, setelah masa pemerintahan ini berakhir siapa pun menjadi kepala negara akan tetap meneruskan program jangka panjang pemerintahan sebelumnya. "Kami konkret saja pak menteri melalui bapak agar haluan negara ini penting siapa pun pemimpinnya harus menjalankan program jangka panjang," jelas dia.

Selanjutnya adalah mengenai tata ruang. Dia mengatakan program ini penting untuk diteruskan kelanjutannya dan diputuskan. Karena jangan sampai Yang memang seharusnya menjadi lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan industri dan perumahan.

"Ini kan selalu menjadi perdebatan kan itu pak menteri nah mohon pak menteri disampaikan nanti melalui Bapak Presiden bahwa memang tata ruang ini penting untuk bisa diputuskan," kata dia.

Kemudian terakhir adalah mengenai kedaulatan pangan. Menurutnya kedaulatan pangan ini sudah tidak bisa ditunda lagi dan perlu diwujudkan seksama mengingat persoalan ini menyangkut perut dan hajat hidup orang banyak.

"Penting sekali pak kedaulatan pangan ini untuk diwujudkan tadi sudah dengan tata ruang kemudian kedaulatan pangan nah sebenarnya tidak sulit pak tidak juga harus misalnya katakan menanam harus memindahkan lahan lahan sawah ke Kalimantan Tengah," tandas dia. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]