Cara Buat Gmail Baru yang Lupa Sandi, Mudah dan Praktis


Jumat,07 Agustus 2020 - 10:37:30 WIB
Cara Buat Gmail Baru yang Lupa Sandi, Mudah dan Praktis Sumber foto liputan6.com

Membuat Gmail baru menjadi alternatif bagi kamu yang lupa sandi Gmail lama. Gmail menjadi akun yang sangat penting saat ini terutama bagi pengguna Android. Gmail tak cuma hanya berguna untuk mengirim email, tapi juga untuk menikmati fitur-fitur lain yang dimiliki Android.

Dilansir dari laman liputan6.com, lupa kata sandi bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Terutama jika kata sandi yang kamu lupakan adalah kata sandi untuk akun penting seperti Gmail. Kamu mungkin bisa melakukan pemulihan akun. Namun, terkadang pemulihan ini masih belum berhasil membuatmu mendapatkan akses Gmail-mu lagi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat Gmail baru. Kamu harus mulai dari awal lagi untuk membuka akun Gmail baru. Namun, membuat Gmail baru ini cukuplah mudah untuk bisa mengakses email dan fitur-fitur lainnya lagi.

Cara membuat Gmail baru juga tak memerlukan waktu lama. Saat membuat Gmail baru, pastikan untuk mencatat atau terus mengingat kata sandinya. Berikut cara membuat Gmail baru yang lupa kata sandi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2020).

Cara memulihkan kata sandi

Sebelum membuat Gmail baru untuk menggantikan Gmail lamamu yang lupa kata sandi, kamu mungkin ingin mencoba cara memulihkan akun Gmail-mu yang lama. Cara ini bisa dilakukan saat kamu lupa kata sandi.

Saat kamu pertama membuat Gmail baru, kamu pasti akan diminta mengisi email pemulihan dan nomor telepon. Nah, kedua data inilah yang bisa digunakan untuk memulihkan akun Gmail yang lupa kata sandi. Berikut caranya:

1. Sebelum menyetel ulang sandi akun kamu, apakah kamu pernah simpan sandi akun tersebut sebelumnya di browser? Kalau pernah, coba cek dulu masing masing. Siapa tahu kamu bisa menemukan sandi tersimpan lama di situ.

2. Jika tidak ada password tersimpan, artinya kamu harus masuk ke proses reset sandi.

3. Sebelum memulai proses reset, pastikan kamu pakai perangkat, lokasi dan jaringan yang biasa kamu gunakan saat akses akun tersebut untuk proses resetnya.

4. Akses halaman berikut ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in nanti akan muncul form reset Gmail kamu.

Pastikan laman berbahasa Indonesia, dibagian bawah form ini biasanya ada tombol ubah bahasa, cari bahasa Indonesia. Ubah bahasa agar lebih mudah dipahami.

5. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan untuk login ke akun Google kamu, kemudian klik tombol Berikutnya.

6. Klik ‘Forgot password?’ atau 'lupa password'. Jika kamu masuk melalui Gmail.com, pada halaman untuk memasukkan password, kamu klik ‘Forgot password?’. Hal ini agar kamu dialihkan ke halaman recovery akun Gmail.

7. Dari sini, baru masuk ke proses resetnya, aku asumsikan kita udah sampai ke laman di atas, dan klik forgot password, maka akan muncul pilihan-pilihan di bawah ini. Tergantung opsi recovery yang kamu punya.

8. Setelah klik lupa password kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan password lama yang diingat. Wajib diisi, jangan diskip. Hal ini sudah dijelaskan di laman support Google sebelumnya bahwa sebaiknya isi semua pertanyaan yang diminta dan jangan ada yang diskip, isi juga dengan benar, jangan asal isi.

Kalau masih gagal masuk ke langkah berikutnya. Walaupun gagal, kalau kamu isi pertanyaan di atas dengan akurat, maka ini jadi nilai tambah yang bisa membantu untuk proses selanjutnya, jadi usahakan untuk isi seakurat mungkin.

9. Balik lagi ke atas, dan ikuti instruksi dari awal kamu akses laman ini

accounts.google.com/signin/recovery. Sampai ketemu laman form baru yang minta nomer HP seperti di bawah ini. Isi semua yang diminta seakurat mungkin.

10. Masukkan nomor HP lalu klik “SEND” atau “kirim”. Lalu cek HP dan buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat SMS dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

11. Masukkan kode lalu “next” atau “selanjutnya” Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik Next.

12. Lalu akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

Cara membuat Gmail Baru di komputer

Jika cara di atas tak berhasil, maka cara yang paling mudah adalah membuat Gmail baru. Berikut cara membuat Gmail baru:

1. Buka browser lalu masuk ke https://accounts.google.com/signup. Saat membuat Akun Google, Google akan memintamu mengisi informasi seperti nama depan, nama belakang, username, dan password.

2. Pada isian setelah nama, kamu akan diminta untuk menuliskan username, kamu dapat memilih sendiri apa usernamemu.

3. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi, antaranya:

-Username yang kamu buat sudah digunakan orang lain

-Username yang kamu buat sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika [email protected] sudah ada, kamu tidak dapat menggunakan [email protected])

-Username sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

Jika menemui hal semacam ini kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau mencoba username yang lain.

6. Klik next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Lalu kamu diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Selain itu data yang diminta seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Kamu telah berhasil daftar Gmail sekarang. Akun Gmail sudah siap digunakan.

Cara membuat Gmail Baru di HP

Cara membuat Gmail baru di ponsel pada dasarnya sama seperti cara membuat Gmail baru di komputer.

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username.

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tkamunya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.

14. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, kamu klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

13. Kemudian muncul pilihan pembayaran. kamu bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

14. Dengan daftar Gmail, kamu akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas. (GA)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]