Ini Dia 4 Cara Sehat Nikmati Perayaan Imlek


Senin,08 Februari 2016 - 11:27:08 WIB
Ini Dia 4 Cara Sehat Nikmati Perayaan Imlek Sajian hidangan saat perayaan Imlek. (foto: int)

Berbagai jenis makanan enak bisa ditemukan dalam perayaan tahun baru Imlek. Enak tidak harus selalu diartikan sebagai ancaman, sebab ada banyak sekali di antaranya yang tetap bermanfaat bagi kesehatan.

Garam dan MSG (Mono Sodium/Natrium Glutamat) memang dominan dalam berbagai jenis masakan Chinese food. Begitu juga dengan sea food yang banyak mengandung purin dan kolesterol jahat. Berlebihan mengonsumsinya bisa mengganggu kesehatan bagi yang memang punya riwayat penyakit kronis.

Tapi jangan takut untuk menyantap makanan enak selama perayaan Imlek. Dilansir detik.com, ada banyak pilihan untuk mengimbangi kandungan-kandungan jahat di balik makanan enak. Dikutip dari Asiaone, Senin (8/2/2016), berikut ini di antaranya.

1. Salad ikan

Dikenal juga dengan nama yusheng atau yee shang, salad ikan termasuk salah satu jenis Chinese food yang banyak dicari. Bahan utamanya tentu saja ikan, yang merupakan sumber nutrisi asam lemak omega 3 untuk pertumbuhan otak yang sehat. Ikan juga salah satu sumber protein terbaik.

2. Kuaci

Biji semangka atau labu yang dikeringkan, lalu diasinkan, memang banyak mengandung garam. Namun di samping itu, cemilan yang populer dengan nama kuaci ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti magnesium, zat besi, dan folat. Bisa jadi pilihan saat merasa sudah terlalu banyak menyantap makanan manis dan bergula.

3. Jeruk mandarin

Buah segar seperti jeruk mandarin dan tangerine merupakan sumber vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium atau potasium. Sebagai antioksidan, beberapa kandungan dalam jeruk tersebut bisa menetralkan racun-racun jahat yang berasal dari makanan serba enak.

4. Tang yuan alias ronde

Di Jawa, orang menyebutnya wedang ronde. Di tempat asalnya yakni China, minuman ini disajikan sebagai menu penutup. Seduhan jahe sebagai kuahnya tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]